Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Menumbuhkan Budaya Sadar Berkonstitusi di Kalangan Mahasiswa

  • I Gede Bandem Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: PBL dan budaya sadar berkonstitusi

Abstract

Dewasa ini dunia pendidikan kita menghadapai berbagai masalah yang sangat kopleks. Salah satu di antaranya adalah krisis moral dikalangan pelajar Siswa.Tawuran dan tidak jarang terjadi apabila mahasiswa berdemonstrasi   bertindak anarkhis dalam menyampaikan aspirasinya. Salah satu penyebab dari semua itu adalah karena guru/dosen dalam mengajar masih banyak yang hanya mengutamakan penanaman knowledge/konsep dengan metode mengajar yang hanya menerapkan metode ceramah saja. Dengan metode ceramah saja maka  akan terjadi komunikasi satu arah, siswa kurang aktif serta penekanannya hanya pada knowledge saja, sejumlah informasi atau konsep belaka. Untuk mengatasi hal itu maka dalam proses pembelajaran sangat perlu diterapkan Problem Based Learning (PBL). Dengan Problem Based Learning ini diharapkan dosen dapat membuka wawasan berfikir yang beragam dari seluruh mahasiswa, sehingga dapat mengaitkannya dalam kehidupan nyata. Dengan Problem Based Learning (PBL) ini juga diharapkan bermuara pada hasil berupa pengetahuan yang bermakna bagi mahasiswa. Pembelajaran ini paling sedikit ada delapan tahapan yaitu: (1) mengidentifikasi masalah, (2) mengumpulkan data, (3) menganalisis data, (4) memecahkan masalah berdasarkan pada data yang ada dan analisisnya, (5) memilih cara untuk memecahkan masalah, (6) merencanakan penerapan pemecahan masalah, (7) melakukan ujicoba terhadap rencana yang ditetapkan, dan (8) melakukan tindakan (action) untuk memecahkan masalah. Mudah-mudahan dengan penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah ini akan bisa menumbuhkan budaya sadar berkonstiusi di kalangan mahasiswa yakni menyelesaikan masalah sesuai dengan konstituisi atau peraturan yang berlaku di Negara kita.

References

Arnyana,Ida Bagus Putu. 2007. Strategi Belajar Mengajar, Denpasar :Bagian Ilmu Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Assididiqie, Jimly. 2008. Membangun Budaya Sadar Berkonstitusi (Makalah).

Dasna, I Wayan dan Sutrisna. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah,http://lubis grafura.wordpress.com/2007/09/19/pemelajaran berbasis masalah/diakses tanggal 1 Mei 2010.

Hamzah B. Uno. 2007. Model Pembelajaran,Jakarta : PT Bumi Aksara.

Nasution,S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Akasra.

Sucipta, I Made. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Fajar.

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang No.20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.

Tim Penyusun. 2007. Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi. Jakarta: Sekretaris Jenderal dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya, H. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
2010-07-01
How to Cite
Bandem, I. G. (2010). Penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam Menumbuhkan Budaya Sadar Berkonstitusi di Kalangan Mahasiswa. LAMPUHYANG, 1(1), 18-30. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v1i1.100
Section
Articles