Upaya Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan Siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui Pengintegrasian Ajaran Widhi Sraddha dalam Pengajaran Konsep Struktur Atom

  • I Gede Ariyasa Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Peningkatan Keimanan dan Ketakawaan Siswa terhadap Tuhan, Pengintegrasian, Widhi Sraddha, Stuktur atom

Abstract

Mempelajari ilmu kimia tidak saja diarahkan sebagai upaya untuk menyokong kehidupan manusia secara bendawi, tetapi juga mengenal Tuhan Sang Pencipta dengan segala keagungan dan kebesaranNya. Sehingga sangatlah tepat bila dalam pengajaran konsep-konsep kimia di sekolah diperlukan suatu integrasi nilai-nilai luhur ajaran agama. Hal ini guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Salah satu konsep kimia yang sangat abstrak bagi siswa kelas X SMA adalah konsep struktur atom. Guna memberikan keyakinan bahwa atom itu benar-benar ada sama seperti keyakinan kita terhadap adanya Tuhan, maka dilakukan integrasi ajaran Widhi Sraddha dalam pembelajaran struktur atom. Melalui integrasi ini, maka siswa dapat memahami bahwa pengetahuan tidak hanya dapat diperoleh melalui pengamatan (Pratyaksa Premana), tetapi dapat juga melalui logika atau pemikiran logis (Anumana Premana) dan dari keyakinan terhadap hasil-hasil penyelidikan para pakar terdahulu yang telah dituangkan dalam buku-buku (Agama Premana). Integrasi ajaran Widhi Sraddha dalam pembelajaran konsep struktur atom, dilakukan dengan langkah-langkah pembelajaran : (a) Perspektif konsep struktur atom kepada siswa; (b) Menyampaikan analogi-analogi yang dibahas dengan ajaran Widhi Sarddha yaitu dengan Agama Premana dan Anumana Premana.

References

Anwar Sjaeful, Sri Metiono. 1998 Suplemen Kimia Untuk Peningkatan Imtaq Siswa SLTA. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikaj dasar dan Menengah Bagian Proyek Peningkatan Wawasan Kependidikan Guru gama.

Depdikbud. 1996. Pedoman Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Peningkatan Wawasan Kependidikan Guru Agama.

Maswinara, I Wayan. 1996. Konsep Panca Sraddha. Surabaya : UD. Paramita.

Pandit S. Nyoman. 1988. Bhagavadgita. Jakarta : PT. Daya Praza Press.

Sura, I Gede. et.al. 1988. Pengantar Tatwa Darsana (Filsafat). Denpasar : PGA Hindu Negeri Denpasar.

Titib, I Made, 1996. Veda Sabda Suci. Surabaya : Penerbit Paramita.
Published
2011-01-01
How to Cite
Ariyasa, I. G. (2011). Upaya Peningkatan Keimanan dan Ketakwaan Siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui Pengintegrasian Ajaran Widhi Sraddha dalam Pengajaran Konsep Struktur Atom. LAMPUHYANG, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v2i1.108
Section
Articles