Penerapan Metode Proyek dengan Memanfaatkan Kemampuan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas X 5 Semester 2 SMAN 1 Selat, Karangasem

  • Putu Andyka Putra Gotama Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: metode proyek, kemampuan berpikir kritis, keterampilan menulis wacana argumentasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil pembelajaran menulis wacana argumentasi melalui metode proyek, (2) mengetahui langkah-langkah efektif penerapan metode proyek dengan memanfaatkan kemampuan berpikir kritis, dan (3) mengetahui respon Siswa Kelas X 5, semester 2, SMAN 1 Selat, Karangasem terhadap penerapan metode proyek dengan memanfaatkan kemampuan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru bahasa Indonesia SMA Negeri 1 Selat, Karangasem pada semester II Tahun Pelajaran 2009/2010. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Data tentang keterampilan menulis wacana argumentasi itu dikumpulkan dengan metode tes yang dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif, langkah-langkah  pembelajaran dikumpulkan dengan metode observasi yang dianalisis dengan metode deskriptif  kualitatif, dan respons siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner/angket serta metode wawancara yang dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Sebelum dilaksanakan kedua siklus tersebut, terlebih dahulu dilaksanakan kegiatan pretes. Kegiatan pretes ini digunakan untuk mengetahui nilai awal keterampilan menulis wacana argumentasi siswa kelas X 5 SMA Negeri 1 Selat, Karangasem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode proyek dengan memanfaatkan kemampuan berpikir kritis dapat (1) meningkatkan keterampilan menulis wacana argumentasi siswa, (2) dilakukan melalui langkah-langkah pembelajaran yang paling tepat yaitu sebanyak 20 langkah pembelajaran, dan (3) menumbuhkan respons positif siswa dalam pembelajaran menulis wacana argumentasi.

References

Akhadiah, Sabarti dkk. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Amirah. 2008. Penerapan Teknik Panduan Antisipasi untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sukasada. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PBSID, FBS, Undiksha.

Anjani, Ketut Sugi. 1998. Meningkatkan Keterampilan Menulis Argumentasi dengan Menggunakan Teknik Tanya Jawab pada Kelas II SLTP N 2 Sidemen Tahun Pelajaran 1998/1999. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, IKIP Negeri Singaraja.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Angkasa.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.

Hamalik, Oemar. 2005. Metoda Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

-------. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Utama, Gede Budi. 2007. Penerapan Teknik Menulis Mengalir dengan Peta Pikiran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X2 SMA Laboraturium Universitas Pendidikan Ganesha. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Undiksha

Wendra, I Wayan. 2009. Buku Ajar Penulisan Karya Ilmiah. Singaraja: Undiksha.

Wulandari, Gusti Ayu Putu Trisna. 2007. Penerapan Teknik Tanya Jawab untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Gerokgak. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan PBSID, FBS, Undiksha.
Published
2011-01-01
How to Cite
Putra Gotama, P. A. (2011). Penerapan Metode Proyek dengan Memanfaatkan Kemampuan Berpikir Kritis untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Wacana Argumentasi Siswa Kelas X 5 Semester 2 SMAN 1 Selat, Karangasem. LAMPUHYANG, 2(1), 11-25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v2i1.109
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)