Pengembangan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berdasarkan Konteks Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII D SMP Negeri 6 Singaraja

  • Jero Budi Darmayasa Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: TTW, Trikaya Parisuda, Motivasi, Pestasi Belajar Matematika

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menetahui meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 6 Singaraja dengan Pengembangan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berdasarkan konteks Tri Kaya Parisudha mampu. Penelian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas tiga siklus. Subjek penelitian semua siswa kelas VII D SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2006/2007 sebanyak  35 orang terdiri atas 18 orang siswa laki dan 17 orang siswa perempuan. Data yang dikumpulkan meliputi data motivasi dan prestasi belajar. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket motivasi yang dibuat dengan skala Likert dan tes prestasi belajar. Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan skor rata-rata (), Mean Ideal (MI), dan Standar Deviasi Ideal (SDI). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa setiap siklus meningkat. Siklus I rata-rata prestasi belajar siswa 74,7 dengan daya serap (DS) 74,7% dan ketuntasan belajar klasikal (KB) 63 %. Siklus II prestasi belajar mengalami peningkatan dari 74,7 menjadi 77,9 dengan daya serap 77,9 % dan ketuntasan belajar 66%.  Rata-rata prestasi belajar pada siklus III yaitu 83, daya serap (DS) 83%, dan ketuntasan belajar klasikal 89%. Sehingga dapa di simpulkan Pengembangan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berdasarkan konteks Tri Kaya Parisudha mampu meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VIID SMP Negeri 6 Singaraja, disamping itu prestasi belajar matematika siswa juga meningkat.

References

Ansari, Bansu Irianto. 2003. Pengaruh Pembelajaran dengan Strategi Think-Talk Write dalam Upaya Menumbuh Kembangkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMU. Makalah dalam The 6thJICA-IMSTEP National Seminar. August 25, 2003.

Ardana, Made.2003. Pengelolaan Proses Belajar Mengajar Matematika Dalam KBK. Makalah disajikan dalam Gema Seminar Matematika, HMJ Pendidikan Matematika IKIP N Singaraja. Singaraja, 30 Maret 2005.

Depdiknas.2003. Kegiatan Belajar mengajar yang Efektif. Jakarta:Puskur

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetisi Guru. Surabaya: PT Usana Offset Printing.

-------. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta. Renika Cipta.

Hamzah, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Machwe, Prabhakar. 2000. Kontribusi Hindu Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Peradaban. Jakarta: Adiluhung

Mulana, I Made Bawa. 2005. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Terhadap Matematika. Tesis (tidak diterbitkan) Program Studi Metode Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Program Pasca Sarjana IKIP Negeri Singaraja.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Naparin, A., & Arsyad, W., 2004. ”Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pemberian Tugas Pemetaan Konsep”. Vidya karya. Th. XXII. no. 1. April 2004. (hlm.46-51).

Nasution, Farid. 2001. ”Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa”. Jurnal Ilmu Pendidikan. jilid 8 no 1.

Nurkancana, Wayan & Sunartana. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional.

Nur, M. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: Pusat Study Matematika dan IPA sekolah Universitas Negeri Surabaya

Roestiyah, N. K. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Renika Cipta

Russeffendi. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti.

Schwartz, David J. 1996. Berpikir dan Berjiwa Besar. diterjemahkan oleh F.X Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2005. Jakarta: Balai Pustaka.

Underwood, Mary. 2000. Pengelolaan Kelas yang Efektif (Suatu Pendekatan Praktis). Jakarta: Arcan.

Wardhana, Ida Bagus Rai. 1999. Pelajaran Agama Hindu untuk Tingkat SMTP Kelas I. Jakarta:Depdiknas.

Zahera, Sy. (2000). ”Cara Guru Memotivasi dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Siswa dalam Proses Pembelajaran”. Jurnal Ilmu Pendidikan. Februari. Jilid 7 no. 1. (hlm.25-31).
Published
2011-01-01
How to Cite
Darmayasa, J. B. (2011). Pengembangan Strategi Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Berdasarkan Konteks Tri Kaya Parisudha untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII D SMP Negeri 6 Singaraja. LAMPUHYANG, 2(1), 26-40. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v2i1.110
Section
Articles