Pengaruh Konsep Penghijauan dan Konsep Pembangunan Perumahan terhadap Konsep Daya Dukung Lingkungan pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja

  • Putu Jaya Wiriasa Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Menanam, perumahan, daya dukung, dan lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh konsep penanaman dan pengembangan konsep perumahan dengan konsep daya dukung lingkungan pada siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, 2) pengaruh konsep penanaman untuk daya dukung konsep lingkungan dalam siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, dan 3) pengaruh konsep pembangunan perumahan dengan konsep daya dukung lingkungan siswa kelas X  SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Populasi penelitian ini adalah 200 siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Itu diambil 50 siswa sebagai sampel penelitian secara acak. Data konsep penanaman, konsep perumahan, dan konsep daya dukung lingkungan dikumpulkan dengan kuesioner. Pengumpulan data, kemudian dianalisis dengan analisis regresi multivariat dan univariat (Anareg). Temuan penelitian ini adalah: 1) konsep penanaman dan konsep pembangunan perumahan dipengaruhi konsep daya dukung lingkungan siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, 2) konsep tanam mempengaruhi konsep daya dukung lingkungan pada siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja, dan 3) konsep pembangunan perumahan dipengaruhi konsep daya dukung lingkungan pada siswa siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. Berdasarkan temuan itu, dapat disimpulkan bahwa konsep penanaman dan konsep pembangunan perumahan berpengaruh secara signifikan konsep daya dukung lingkungan pada siswa kelas X SMA Laboratorium Undiksha.

References

Adiwikarta, Reynal. 2000. Pengaruh Faktor-Faktor Determinan Pembangunan Terhadap Konsep Kapasitas Tampung Siswa Kelas III SMP Negeri 1 Yogyakarta. Laporan Penelitian SMP Negeri 1 Yogyakarta.

Arjana, Ketut. 2008. Analisis Dampak Lingkungan pada Areal Perumahan yang Dibangun Oleh Developer. Makalah yang Disampaikan Kepada Kerama Subak Banjar Munduk, Desa Banjarasem, Tanggal 10 Juli 2008.

Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.

Gall, Meredith D. et al. 2003. Educational Research An Introduction. Seventh Edition. New York: Pearson Education, Inc.

Meadows, D.H. dan D.L. Meadows. 1972. Batas-Batas Pertumbuhan. Diterjemahkan Oleh Masri Maris. Jakarta: PT Gramedia.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Silogisme Terhadap Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas III SMP Negeri 1 Seririt (Suatu Studi pada Pokok Bahasan Reproduksi Generatif Tumbuhan Angiospermae). Tesis Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

-------. 2009. Pengaruh Luas Lahan Anggur yang Dikelola dan Jumlah Sapi Bali yang Dipelihara Terhadap Tambahan Penghasilan Keluarga Per Bulan pada Peternak Sapi Bali Perempuan di Desa Kalisada. Laporan Penelitian FKIP Unipas Singaraja.

Sudiasih, Nyoman. 2001. Pengaruh Konsep Penghijauan dan Pembangunan Berkelanjutan Terhadap Konsep Kapasitas Tampung Siswa Kelas III SMP Negeri 1 Denpasar. Laporan Penelitian SMP Negeri 1 Denpasar.

Sukarya, Nyoman. 2007. Pembangunan Perumahan dan Keseimbangan Ekosistem. Makalah yang Disampaikan Kepada Kerama Subak Desa Kalisada, Tanggal 17 Maret 2007.

Tirta, Nyoman. 1984. Dampak Lingkungan (Environmental Impact) di Beberapa Pusat Lokasi Pariwisata di Bali Ditinjau dari Pelestarian Ekosistem. Laporan Penelitian FKIP Unud.
Published
2011-01-01
How to Cite
Wiriasa, P. J. (2011). Pengaruh Konsep Penghijauan dan Konsep Pembangunan Perumahan terhadap Konsep Daya Dukung Lingkungan pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium Undiksha Singaraja. LAMPUHYANG, 2(1), 55-68. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v2i1.112
Section
Articles