Penulisan New Diary untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IXC SMP Dharma Kirti Sengkidu

  • Ni Kadek Juliantari Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: new diary, menulis, cerpen

Abstract

penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan (1) membiasakan menulis new diary pada siswa, (2) meningkatkan kemampuan siswa menulis cerpen melalui penulisan new diary, (3) mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran menulis cerpen melalui penulisan new diary, dan (4) mendeskripsikan respons siswa terhadap kegiatan pembelajaran. PTK ini dilaksanakan melalui dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IXC SMP Dharma Kirti Sengkidu, Tahun Ajaran 2008/2009 yang berjumlah 30 orang (14 laki-laki dan 16 perempuan), yang nilai rata-rata klasikalnya adalah 66,24. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi dokumentasi, metode penugasan, metode observasi, metode angket, dan metode wawancara. Metode studi dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan menulis new diary dan kemampuan menulis cerpen. Data tersebut dianalisis secara kualitatif. Sementara itu, data kemampuan menulis cerpen yang dikumpulkan dengan metode penugasan dianalisis secara kuantitatif. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai langkah-langkah pembelajaran. Datanya dianalisis secara kualitatif. Data respons siswa yang dikumpulkan dengan metode angket dianalisis secara kuantitatif, sedangkan yang dikumpulkan dengan metode wawancara dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa mau dan mampu menulis new diary karena diberikan motivasi; (2) nilai menulis cerpen siswa adalah 72,63 pada siklus 1 dan 78,07 pada siklus 2; (3) menulis cerpen dapat dilakukan berdasarkan new diary; dan (4) siswa senang mengikuti pembelajaran tersebut. Dengan demikian, dapat ditarik simpulan bahwa (1) kemauan dan kemampuan menulis new diary dapat ditumbuhkembangkan dengan pemberian motivasi dan pelatihan; (2) dengan penulisan new diary, hasil menulis cerpen siswa dapat ditingkatkan; (3) belajar menulis cerpen dapat dilakukan dengan cara yang inovatif melalui penulisan new diary; dan (4) belajar dalam suasana menyenangkan membawa keberhasilan yang signifikan.

References

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis BI. Jakarta: Erlangga.

Caraka, Cipta Loka. 2002. Teknik Mengarang. Yogyakarta: Kanisius.

Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. 2003. Kurikulum 2004, Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Frank, Anne. 2004. “The Diary of Anne Frank”. http://cybershopping.cbn.net.id/ cbprtl/Cybershopping/detail.aspx?x=Book+Review&y=Cybershopping%7C0%7C0%7C3%7C116

Gie, Soe Hok. 2008. “Catatan Seorang Demonstran, Sebuah Pandangan dari Catatan Harian”. file:///C:/Documents%20and%20Settings/John%20Tralala/

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Lasa. 2005. Gairah Menulis. Yogyakarta: Alinea.

Maryoto, Andreas. 2008. “Kisah di Balik Tiga Buku Harian”. http://kompas.co.id/ read/xml/2008/10/29/07300563/kisah.di.balik.tiga.buku.harian.

Pitarto, Estu. 2008. “Paradigma Menulis”. http://www.wedangjae.com/index.php? option=com_content&task=view&id=304&Itemid=30.

Pranoto, Naning. 2007. “Pelatihan Singkat Menulis Cerpen”. Warta. Edisi VIII (halm.41).

Rideng, I Made, dkk. 2001. “Penelitian Tindakan Kelas, Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan”. Makalah disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Bedah Buku Biosis. MGMP Biologi SLTP Kabupaten Karangasem. Amlapura 10 Mei 2001.

Romli, Asep Syamsul M. 2005. Lincah Menulis Pandai Bicara. Bandung: Nuansa Cendekia.

Sambodja, Asep. 2007. Cara Mudah Menulis Fiksi. Jakarta: Bukupop.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sofyan, Ahmadi. 2006. Jangan Takut Menulis. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Published
2011-07-01
How to Cite
Juliantari, N. K. (2011). Penulisan New Diary untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IXC SMP Dharma Kirti Sengkidu. LAMPUHYANG, 2(2), 16-30. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v2i2.116
Section
Articles