Pengaruh Penerapan Pendekatan Bilingual Preview-Review dan Concurrent dalam Seting Kooperatif STAD terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja

  • Ni Putu Damayanti Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Preview-review, Concurrent, STAD, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, perbedaan antara penerapan pendekatan pembelajaran bilingual Preview-review dan Concurrent dalam seting Kooperatif STAD terhadap hasil belajar kognitif, aktivitas belajar, dan sikap siswa kelas X SMA Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain Pretest-Postest Nonequivalent Control Group Design. Sampel diambil dengan tehnik random sehingga didapatkan sebagai kelas Preview-review adalah kelas X3 dan sebagai kelas Concurrent adalah kelas X2. Untuk kelas Preview-review dan Concurrent dilaksanakan dalam seting kooperatif STAD. Data penelitian adalah skor pretest dan posttest kemampuan kognitif siswa, dikumpulkan dengan tes hasil belajar, skor sikap siswa terhadap pelajaran biologi dikumpulkan dengan tes sikap, dan skor aktivitas belajar siswa, dikumpulkan dengan lembar observasi. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian multivariat (MANCOVA). Semua pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian hipotesis dengan MANCOVA menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa, dan aktivitas siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran bilingual Preview-review dalam seting kooperatif STAD berbeda secara signifikan dengan siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran bilingual Concurrent, sikap siswa tidak berbeda secara signifikan. Bertitik tolak dari temuan penelitian ini disarankan agar pendekatan pembelajaran bilingual Preview-review  dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pembelajaran Biologi, khususnya pada sekolah-sekolah SBI/plus dalam upaya maningkatkan hasil belajar siswa (kognitif, sikap, dan aktivitas), dan juga kemampuan bahasa Inggris siswa.

References

Arnyana, B.P. 2006. Pendekatan Pembelajaran Bilingual (Seminar GLB jurusan Pendidikan Biologi). Singaraja: Jurusan pendidikan Biologi FP MIPA UNDIKSHA.

Banks, J.A. 1988. Multiethnic Education Theory and Practice Second Edition. London : Allon Bacon, Inc..

Collis, K.F dan Davey, H.A. 1986. A Technique for Evaluating Skills in High School Science Journal of Research in Science Teaching. 23 (7) : 651-663.

Depdiknas. 2005. Target Menuju Sekolah Nasional Bertaraf Internasional. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Enger, S.K dan Yager, R.E. 2001. Assessing Student Understanding in Science. California: Corwin Press. Inc.

Ibrahim. M. dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press

Ovando, C.J. and Collier, V.P. 1985. Bilingual and ESL Classrooms. New York: McGraw-Hill Book Company.

Santyasa, I.W. 2004. Pengaruh Model dan Setting Pembelajaran Terhadap Remidiasi Miskonsepsi, Pemahaman Konsep, dan Hasil Belajar. Disertasi (tidak diterbitkan). Universitas Negeri Malang. Program Pasca Sarjana. Studi Teknologi Pendidikan.

Selamat, I.N. & Suwenten, I.M. 2000. Pengembangan Pembelajaran Kooperatif Melalui Metode Bermain Menggunakan LKS untuk Meningkatkan Aktivitas, Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa Kelas 16 SMU Negeri 3 Singaraja. Laporan penelitian (tidak diterbitkan). IKIP Negeri Singaraja.

Slavin, R.E. 1995. Cooperative Learning Theory Research and Practice Second Edition. London : Ellyhn and Bacon.

Sudiarta, P. 2005. Pengembangan Pendidikan Bilingual unuk Mencapai Kompetensi Lulusan bertaraf Internasional. Singaraja: Pusat Pengembangan dan Peningkatan Aktivitas Pembelajaran (P3AI) IKIP Negeri Singaraja.

Sukrawarpala, W. 2006. Bilingual Education, Contexs and Programs (Seminar GLB jurusan Pendidikan Biologi). Singaraja: Jurusan Pendidikan Biologi FP.MIPA UNDIKSHA.

Surapranata, S. 2004. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Thoha, C. 2003. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Triton, P.B. 2005. SPSS 13.0 Riset Statistik Parametrik. Yogyakarta: Penerbit ANDI
Published
2010-07-01
How to Cite
Damayanti, N. P. (2010). Pengaruh Penerapan Pendekatan Bilingual Preview-Review dan Concurrent dalam Seting Kooperatif STAD terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja. LAMPUHYANG, 2(2), 48-62. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v2i2.118
Section
Articles