Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Komunitas Ditinjau dari Kecerdasan Emosional

  • Ni Ketut Erawati Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Komunitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kecerdasan emosional mahasiswa. Dalam prosesnya penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa semester IV UPT Akademi Kebidanan Singaraja dengan menggunakan rancangan Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 98 orang, yang terbagi dalam dua kelas,  selanjutnya dipilih secara random satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelompok kontrol. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis kovarians (ANAKOVA) satu jalur. Hasil penelitiannya adalah : (1) hasil belajar Asuhan Kebidanan Komunitas pada mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran  berbasis masalah berbeda secara signifikan dengan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (2) setelah dikendalikan oleh variabel kecerdasan emosional, terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model konvensional (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara kecerdasan emosional mahasiswa dengan hasil belajar asuhan kebidanan komunitas Dari hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap hasil belajar asuhan kebidanan komunitas ditinjau dari kecerdasan emosional mahasiswa.

References

Ambarwati, Retna dan Sriati Rismintari. 2009. Asuhan Kebidanan Komunitas. Cetakan Pertama. Mulia Medika. Yogyakarta

Aunurrahman.2007. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ketujuh. Alfabeta. Bandung

Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi VI. PT Rineka Cipta. Jakarta

Arikunto,S .2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi revisi. PT Bumi Aksara. Jakarta

Budiningsih Asri.2005. Belajar Dan Pembelajaran. Cetakan Pertama. PT Rineka Cipta. Jakarta

Campbell,D.T & Stanley,J.C.1966.Experiment and Quasi-experimental Design For Research.Boston:Hiughton Mifflin Company

Candiasa,M.2004. Statistik Multivariat dilengkapi Aplikasi dengan SPSS. Unit Penerbitan IKIP Singaraja

Candiasa,M.2008. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Materi Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru (PLPG) . Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja

Dantes,N. Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Makalah. Disajikan pada seminar Pendidikan di Santo Yoseph 1 Denpasar tanggal 25 Juli 2009

Daryanto.2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreativ dan Inovatif. AV Publisher. Jakarta

Depdiknas. 2007. Analisis Butir Soal Secara Manual. Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan. Depdiknas.

Fauzan, Pengembangan Instrumen Tes Kecerdasan Emosional Pada Siswa SMA, Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, 2005

Fraenkel, Jack R. and Norman E Wallen. 1990. How to Design and Evaluate Risearch in Education. International Editions
Published
2012-01-01
How to Cite
Erawati, N. K. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Asuhan Kebidanan Komunitas Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. LAMPUHYANG, 3(1), 16-31. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i1.122
Section
Articles