Pengajaran Keterampilan Menyimak di Sekolah Dasar

guru, keterampilan menyimak, teknik, dan Sekolah Dasar

  • I Wayan Jatiyasa Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: guru, keterampilan menyimak, teknik, dan Sekolah Dasar

Abstract

Pengajaran bahasa adalah mengajarkan untuk berkomunikasi. Oleh karena itu, pengajaran bahasa yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi, baik secara lisan maupun secara tertulis. Agar siswa dapat memahami bahasa lisan dengan baik, diperlukan latihan menyimak yang berkelanjutan mengingat menyimak merupakan salah suatu keterampilan berbahasa yang tidak kalah penting dengan keterampilan yang lain. Namun, cenderung guru belum memahami hakikat dan belum menemukan teknik yang variatif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran dirasakan siswa tidak menarik. Oleh karena itu, artikel sederhana ini bertujuan untuk memaparkan hakikat dan mendeskripsikan teknik guru dalam mengajarkan keterampilan menyimak di Sekolah Dasar. Menyimak pada hakikatnya merupakan proses mendengarkan dengan penuh pemahaman, apresiasi dan evaluasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi, serta memahami makna komunikasi yang hendak disampaikan oleh si pembicara melalui ujaran. Untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran di Sekolah Dasar, maka dapat digunakan beberapa cara/teknik yaitu  sebagai berikut;      (1) teknik ulang-ucap (menirukan),  (2) teknik informasi beranting, (3) teknik satu mulut satu kelas, (4) teknik satu rekaman satu kelas, (5) teknik group cloze,        (6) teknik parafrase, (7) teknik simak libat cakap, dan (8) teknik simak bebas libat cakap.

References

Ahsin, Amir. 1981. Pengajaran Menyimak. Jakarta: LP3G.

Edu, Mbah Brata. 2010. “Keterampilan Menyimak”. Terdapat dalam http://mbahbrata-edu.blogspot.com/2010/04/keterampilan-menyimak.html. Diakses 7 Mei 2012.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suhendar, M. E dan Supinah, Pien. 1992. Bahasa Indonesia (Keterampilan Berbahasa). Seri Mata Kuliah MKDU. Bandung: CV. Pionir Jaya.

Suyanto dan Jihad, Asep. 2009. Betapa Mudah Menulis Karya Ilmiah. Yogyakarta: Eduka.

Jatiyasa, I Wayan. 2011. Keterampilan Menyimak dan Berbicara Bahasa Bali. Sebuah materi kuliah pada Prodi Bahasa dan Sastra Agama Hindu (tidak dipublikasikan). Amlapura: STKIP Agama Hindu.

Tarigan, H. G. 1985. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Yumarti, A. 1988. Beberapa Teknik Pengajaran Menyimak. Dalam majalah Pembinaan Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Bharatara Karya Aksara.
Published
2012-07-01
How to Cite
Jatiyasa, I. W. (2012). Pengajaran Keterampilan Menyimak di Sekolah Dasar. LAMPUHYANG, 3(2), 57-67. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v3i2.132
Section
Articles