Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Singaraja

  • I Wayan Suwendra Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Discovery-Inquiry, Aktivitas, Hasil Belajar Agama Hindu

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui aplikasi model Cooperative Learning tipe Discovery-Inquiry dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu, dengan subyek penelitiannya berjumlah 31 0rang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan.Metode pengumpulan datanya: observasi dan wawancara untuk mendapatkan data aktivitas belajar siswa, dan metode tes (post test) untuk mendapatkan data prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah analisis diskritif kualitatif, artinya: memaparkan aktivitas pembelajaran siswa berdasarkan hasil pengumpulan data melalui observasi dan wawancara secara naratif dan memaparkan perkembangan prestasi belajarnya melalui metode pengumpulan data tes.Hasil penelitianmenunjukakan :  Aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukkan hasil 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 81%, dan prestasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 75,81, daya serap 75,81%, dan ketuntasan belajar sebesar 58%. Hasil ini meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata kelas sebesar 85,65, daya serap 85,65% dan ketuntasan belajar sebesar 100%.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka aplikasi Model Cooperative Learning tipe Discovery-Inquiry ternyata dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar.Maka dari itu diharapkan guru bidang studi Pendidikan Agama Hindu,agar menerapkan metode ini semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran.

References

Achmadi, H. Abu, at all. 2005. Psikologi Belajar, Jakarta: Penerbit Renika Cipta.

B.Uno, 2008, Meode Pembelajaran, diaccess tanggal: 1 Desember 2012, available at:http://metodebelajar.com.

Djamarah.S.B. 1994.Pengertian Belajar, diaccess tgl: 11 Desember 2012, available at http://www.geogle.com.

Depdiknas.2005. Peraturan Pemerintah RI no 19.2005. Tentang Standar Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 1991. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit Alumni IKIP

Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Joyce, Bruce and Marsha Weil. 2000. Models of Teaching, Fith Edition, USA: Allyn and Bacon A. Simon & Cluster Company.

Miles, Maththew B. and A.M. Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis. Sage: Publishing Inc.

Nasution. 1989. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Nasution. 1992. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Sadirman, Arief. 2010. Media Pendidikan, Jakarta: Penerbit Rajawali.

Sund, dalam Sardiman, 1992.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suryabratha, Sumadi, 1997. Psikologi Belajar, Jakarta: Penerbit Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Trinandita, 1994.Aktivitas dan Prestasi Belajar, diaccess: 10 Nopember 2012, available at: http://id.wordpress.com/tag/pendidikan.
Published
2013-07-01
How to Cite
Suwendra, I. W. (2013). Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Discovery-Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Singaraja. LAMPUHYANG, 4(2), 16-30. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v4i2.142
Section
Articles