Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Observasional Bandura terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Bola Basket Ditinjau dari Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan (Studi pada Mahasiswa Semester III Jurusan Penjaskesrek FOK Undiksha Tahun 2009/2010)

  • Made Agus Dharmadi Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Model Pembelajaran, Bandura, Hasil Belajar Bola Basket

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran observasional Bandura terhadap hasil belajar teknik dasar bola basket ditinjau dari kemampuan koordinasi mata dan tangan mahasiswa semester III jurusan Penjaskesrek, FOK Undiksha. Rancangan penelitian menggunakan posttest only control group design. Sampel 96 orang, terdiri dari 48 orang kelompok eksperimen dan 48 orang kelompok kontrol yang dipilih secara random. Data dianalisis   menggunakan  analisis   varians   (ANAVA)  dua  jalur  dan  dilanjutkan  dengan  uji  t-Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan hasil belajar teknik dasar bola basket yang signifikan antara model pembelajaran observasional Bandura dengan model pembelajaran konvensional (FA = 11,647; p<0,05), (2) adanya interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan koordinasi  mata dan tangan terhadap hasil belajar teknik dasar bola basket (FAB=60,884;p<0,05), (3) untuk kelompok berkemampuan koordinasi mata dan tangan tinggi, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar teknik dasar bola basket antara mahasiswa yang belajar melalui model pembelajaran observasional Bandura dengan model pembelajaran konvensional, (thitung = 7,292;p<0,05), (4) untuk kelompok berkemampuan koordinasi mata dan tangan rendah, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar teknik dasar bola basket antara mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran observasional Bandura dengan model pembelajaran konvensional, (thitung = 3,105;p<0,05). Dari hasil temuan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran observasional Bandura berpengaruh terhadap hasil belajar teknik dasar bola basket ditinjau dari kemampuan koordinasi mata dan tangan.

References

Barrow and McGee. 1979. A Practical Approach to Mesuerment in Phisical education. United State of America: Lea and Febiger

Brewer,KR. 1998. “Social Behavior and Personality”. ABEA Journal, Volume 22: dalam http://findarticles.com/p/articles/mi_qa3852/is_199801/ai: Diakses pada tanggal 9 November 2010

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Aspek Psikologis Dalam Coaching. Jakarta: Depdibud

Hergenhahn,B,R and Olson,M,H. 2009. Theories of Learning;Teori Belajar. Jakarta: Kencana

Joyce, B and Weil,M. 1996. Models of Teaching. Boston: Allyn and Bacon

Kerlinger, F,N. 1979. Behavioral Research. United State: Holt, Rinehart and Winston.

Kuntjoro,B,F,T. 2009. Peran Reinfocement Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Jurusan Olahraga Pendidikan. ISSN 1693-2404. Surabaya: FIK UNES.

Nicola J.2006. “Observational Learning Research and The Role of Demonstrations in Sports” .ABEA Journal, Volume 25: dalam http://www.hkin.educ.ubc.ca/faculty/ hodges_learning.pdf: diakses pada tanggal 18 Agustus 2010.

Permendiknas Republik Indonesia Nomor 232 Tahun 2000. Pedoman Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi. Jakarta

Santrock,J,W. 2008. Psikologi Pendidikan. Terjemahan. Jakarta: Kencana

Silalahi, 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama
Published
2013-07-01
How to Cite
Dharmadi, M. A. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Observasional Bandura terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Bola Basket Ditinjau dari Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan (Studi pada Mahasiswa Semester III Jurusan Penjaskesrek FOK Undiksha Tahun 2009/2010). LAMPUHYANG, 4(2), 47-62. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v4i2.150
Section
Articles