Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar IPS (Studi Eksperimen pada Siswa Kleas VIII SMP N 1 Seririt)

  • Gede Widiadnyana Pasek Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Model pembelajaran Koperatif Tipe STAD, Minat Belajar IPS, Prestasi Belajar IPS

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk  mengetahui perbedaan  antara prestasi belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional sebelum dan sesudah minat belajar IPS dikendalikan Sampel diambil dengan cara random sampling dengan jumlah sampel  126 orang. Rancangan penelitian ini adalah post test only control group design.    Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, setalah variabel minat belajar IPS dikendalikan  (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara minat belajar IPS dengan prestasi belajar IPS.

References

Ali, Mohammad. 2009. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Bandung. PT Imperial Bhakti Utama. belajar-siswa. diakses pada tanggal 12 maret 2010.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Hidayatullah, A Tafiq. 2007. Petunjuk Lengkap Belajar danMengusai Microsoft Office Enterprise 2007.

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Perkembangan Anak, edisi keenam. Jakarta. Erlangga. Indah. Surabaya.

Jihad, Asep. Haris, Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Presindo.

Koyan, Wayan. 2007. Asesmen Dalam Pendidikan. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Koyan, Wayan. 2007. Statistik Terapan (Teknik Analisis Data Kuantitatif). Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Kartono, Kartini. 1996. Psikologi Umum. Jakarta. Mandar Maju.

Mastuhu. 2003. Menata Ulang Pemikiran Sistem pendidikan Nasional DalamAbad 21. Yogyakarta. Safiria Insania Press.

Muhfida.2009. http://muhfida.com /pembelajaran-konvensional/. Diakses pada tanggal 12 Maret 2010

Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Agus.2009. http://www.scribd.com/doc/50684166/model/ pembelajaran IPS terpadu.diakses pada tanggal 12 maret 2010.

Muslich, Masnur. 2009. KTSP, Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Abu Muhammad Ibnu Abdullah. 2008. http://spesialis-torch.com, Prestasi Belajar, diakses pada tanggal 22 Januari 2010).

Arikunto, Suharsimi, Cepi safruddin Abdul Jabar. 2008. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.

Asnawi, Yahya. 2008. http://www. Areefah.com. Kajian Teoritis Prestasi Belajar. Diakses pada tanggal 22 januari 2010.

Atiekwin.2009. Teori-teori Belajar Gagne. Diakses pada tanggal 22 januari 2010

Azwar, Saifudin. 2001. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Baskoro.2009. http://baskoro1 .blogspot.com/2010/08/potensi-pembelajaran-kooperatif-dalam.html. diakses pada tanggal 2 februari 2010

Dantes, Nyoman.2007. Analisis Varians. Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Diputra, Gede Ngurah Oka. 2008. Pemgaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Ditinjau Dari Bakat Numerik (Studi Eksperimen Pada Siswa Sekolah Dasar Saraswati Tabanan. Tesis. Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Frankel, Jack. Wallen, Norman e. 1993. How To Design And Evaluate Research in Education. Monotype Composition Company. United States

Grahacendikia.2009. Minat Belajar Siswa. grhacendikia/wordpress.com.

Qym. 2009. Pengertian-Minat. http://qym7882.blogspot.com/2009/pengertian-minat. diakses pada tanggal 12 Maret 2010.

Ridwan. 2008. http://ridwan. wordpress.com. Kegiatan-Belajar-dan-Prestasi. Diakses Pada tanggal 22 januari 2010

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta.

Siswanto, Didik. 2005. Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Pekalongan. Universitas Negeri Semarang

Sunarto. 2009. Pengertian Prestasi Belajar, http://sunartombs.wordpress.com, diakses 25 januari 2010

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Slavin. Robert E. 2009. Cooperatif Learning, Teori, Riset, dan Praktik. Bandung. Nusa Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.

Soemanto, Wasty. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Solihatin, Etin. 2008. Cooperatif Learning, Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta. Bumi Aksara

Sujanto, Agus. 2008. Psikologi Umum. Jakarta. Bumi Aksara.

Tjandra, Made. 2009. Kontribusi Minat Belajar, Motivasi berprestasi, dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar konsep Dasar IPS Mahasiswa S1 PGSD FIP Undiksha. Tesis. Program Pasca Sarjana Undiksha.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Trianto. 2007. Mendesain Model Pembelajaran Inovati Progresif. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta. Bumi Aksara.

Vivipermata.2008. Apa Itu Minat http://vivipermata.blog.friendster.com/2008. diakses pada tanggal 15 maret 2010.

Wahab, abdul Azis. 2008. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung. Alfabeta.

Wartawan, Putu Gede. 2005. Pengaruh Model Pembelajaran PSE (Pendekatan Starter Eksperimen) Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sains di Sekolah Dasar. Tesis. Program Pasca Sarjana Undiksha Singaraja.
Published
2014-01-01
How to Cite
Pasek, G. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar IPS (Studi Eksperimen pada Siswa Kleas VIII SMP N 1 Seririt). LAMPUHYANG, 5(1), 1-14. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v5i1.154
Section
Articles