Penerapan Model Pembelajaran CTL Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Tianyar Tahun Pelajaran 2013/2014

  • Luh Suci Purwandani Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Pembelajaran CTL , Inquiry, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Agama Hindu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi  belajar pendidikan Agama Hindu pada siswa kelas III SD Negeri 1 Tianyar melalui penerapan model pembelajaran CTL berbasis inquiry untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pendidikan Agama Hindu. Rancangan penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Tianyar tahun pelajaran 2013/2014,siswanya berjumlah 21 orang yang terdiri dari laki-laki 15 orang dan perempuan 6 orang. Metode Pengumpulan Data: observasi digunakan untuk mendapatkan data aktivitas belajar siswa, metode tes untuk mengumpulkan data tentang  prestasi  belajar. Metode analisis datanya adalah analisis diskritif kualitatif, artinya memaparkan aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil pengumpulan data melalui observasi secara naratif dan memaparkan perkembangan prestasi melaui metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan : aktivitas belajar siswa pada siklus I menunjukan hasil 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 86%, dan prestasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata  kelas sebesar 60,00, daya serap 60,00% dan Ketuntasan Klasikal sebesar 57,14%. Hasil ini meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata kelas sebesar 72,14%, daya serap sebesar 72,14%, dan Ketuntasan Klasikal sebesar 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian ini,maka  melalui penerapan model pembelajaran CTL berbasis Inquiry ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar.Maka dari itu diharapkan guru bidang studi pendidikan Agama Hindu agar menjadikan model pembelajaran ini sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar.

References

Ariasa, I Putu. 2013. Penerapan Strategi REACT Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pinggan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurusan Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Amlapura.

Candra Ririn Andriana. 2007. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Memahami Konsep-Konsep Geografi Dalam Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII 3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007. Jurusan Pendidikan Geografi . Universitas Pendidikan Ganhesa Singaraja.

Dwija, I Wayan. 2003. Petunjuk Penyusunan Proposal. Bahan Ajar TPN (tidak diterbitkan). Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.

IKIP Negeri Singaraja. 2002. Pedoman Penulisan Skripsi / TA.

Kasihani, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Proyek PGSM.

Nurkancana, Wayan. 1978. Psikologi Pendidikan . Denpasar: FKIP Unud.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Ruseni Wiasmari Made. 2007. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Bidang Studi Pendidikan Agama Hindu Kelas VII B1 SMP N 4 Singaraja Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Agama Hindu. STKIP Agama Gindu Singaraja.

Saparwadi. 2004. Implementasi Pendidikan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas IIA SMP N 2 Singaraja Pada Pokok Bahasan Kalor Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika. IKIP Negeri Singaraja.

Sariasih, Ni Wayan. 2011. Penerapan Contekstual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 12 Karangasem. Jurusan Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Amlapura.

Winataputra, H. Udin S. 2000. StrategiBelajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka

Wirya Angkasa Made. 2007. Implementasi Model Pembelajaran 5E Berorientasi Kontekstual Dalam pembelajaran Agama Hindu Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas V SD No. 3 Sambangan Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Agama Hindu. STKIP Agama Hindu Singaraja.
Published
2014-01-01
How to Cite
Purwandani, L. S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran CTL Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 1 Tianyar Tahun Pelajaran 2013/2014. LAMPUHYANG, 5(1), 15-27. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v5i1.155
Section
Articles