Perkawinan Endogami di Desa Pakraman Tenganan Pegringsingan Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem

  • I Wayan Lali Yogantara Stkip Agama Hindu Amlapura
  • Putu Agung Aryadhi Mahayoga Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: perkawinan, endogami

Abstract

Salah satu tradisi yang masih terlaksana di Desa Pakraman Tenganan Pegringsingan adalah perkawinan endogami desa. Berkaitan dengan itu, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui proses,tujuan, danfaktor-faktor yang mendukung pelestarian sistem perkawinan endogamitersebut.Pengumpulan data menggunakan metode interviewdan pencatatan dokumen. Analisa data dengan menggunakan metode deskriptif yaitu data diolah  dengan jalan menyusun secara sistematis sehingga diperoleh simpulan umum. Hasil penelitian : (1)Proses perkawinan endogami desa di Desa Pakraman Pegringsingan dilaksanakan dengan dua tahapanyakni pajati kepada aparat adat dan dinas, serta orang tua/wali perempuan. Tahapan berikutnya menghaturkan upakara/banten pada sanggahkeluarga pengantin dan kahyangan desa,(2)Perkawinan endogami desa bertujuanmewujudkan perkawinan ideal dan memberikan proteksiterhadap sistem sosial kekerabatan di dalam Desa Pakraman tenganan Pegringsingan,(3) Faktor pendukung dilestarikannya sistem perkawinan endogami desadi Desa Pakraman Tenganan Pegringsingan adalah adanya komitmenpelestarian budaya leluhur, pengakuan sebagai krama desa inti (status sosial tinggi), berhak menempati tanah karang desa, berhak atas kekayaan desa serta bebas dari sanksi adat.

References

Arnati, Ni Nyoman. 2002. Petunjuk Bahasa Pawiwahan Adat di Bali, Denpasar : CV. Nira Surya Raditya.

Arthayasa,dkk. 2004. Petunjuk Teknis Perkawinan Hindu, Surabaya : Paramita.

Biro Hukum dan HAM. 2002. Himpunan Peraturan tentang Pemberdayaan Desa Pakraman di Bali, Denpasar : Setda Propinsi Bali.

Tim Penyusun. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka.

Tim Penyusun. Tt. Awig-awig Desa Pakraman Tenganan Pegringsingan, Koleksi Desa Pakraman Tenganan Pegringsingan.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2004. Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Published
2014-07-01
How to Cite
Yogantara, I. W., & Mahayoga, P. A. (2014). Perkawinan Endogami di Desa Pakraman Tenganan Pegringsingan Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem. LAMPUHYANG, 5(2), 1-12. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v5i2.160
Section
Articles