Upaya Mewujudkan Suputra melalui Keluarga Berencana

  • I Gusti Ngurah Alit Saputra Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Suputra, Program KB, Sloka-Sloka Sastra Hindu

Abstract

Artikel tentang Upaya Mewujudkan Suputra melalui KB adalah suatu upaya untuk memberi inspirasi kepada pemerhati masalah keluarga berkualitas agar mereka mempunyai tambahan pengetahuan tentang bagaimana caranya meningkatkan kualitas keluarganya pada khususnya dan kualitas penduduk pada umumnya . Artikel ini dibuat dengan menggunakan metode kepustakaan dengan membandingkan antara teori dan pengalaman Penulis saat masih bertugas menangani Program KB.  Dari pembahasan antarateori dalam buku-buku dan dengan pengalaman Penulis ternyata sangat besar sekali pengaruhnya terhadap pola hidup masyarakat utamanya setelah mereka ikut Program KB (dengan jumlah anak yang terencana) ditambah lagi dengan adanya kelompok-kelompok BKB  disetiap Posyandu, dimana dengan jumlah anak yang hanya dua saja misalnya akan sangat banyak punya kesempatan mengikuti kegiatan-kegiatan  baik di kelompok BKB maupun kegiatan-kegiatan yang positif lainya seperti usaha ekonomi produktif dan sebagainya. Juga menambah wawasan tentang bagaimana membina dan memelihara anaknya, karena keberhasilan Pemerintah dalam pelaksanaan Program KB harus dimulai dari keluarga-keluarga. Jadi dengan demikian untuk dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas salah satu caranya adalah dengan ikut Program KB.

References

B K K B N, 1994,Pembangunan Keluarga Sejahtera di Indonesia Berdasarkan Undang-Undang No;10 th 1992 dan GBHN 1993, Jakarta; BKKBN.

B K K B N, 2007, Bahan Penyuluhan BKB Pengasuhan Dan Pembinaan Tumbuh Kembang Anak.,Jakarta.BKKBN.

Biro Penerangan dan Motivasi BKKBN, 1983, Pertambahan Penduduk dan Pendapatan Nasional Tentang Besarnya Keluarga, Jakarta ; BKKBN..

Kajeng ,I Nyoman dkk,t.t., Sarasamuscaya, Dharma nusantara.

Manuaba,Adnyana Ida Bgs,1994, filsafat Hindu Dalam Kesehatan, Denpasar: PT Upada Sastra.

Mimbeng, I Gde,(et al) 1997, Kakawin Niti Sastra Dan Putra Sesana, Mataram ; Pesantian Sanatana

Pudja Gde, 1983, Manawa Dharma Sastra , Jakarta ; Mayasari.

Punjatmadja, I.B. Oka, 1994, Dharma Sastra, Jakarta; Hanuman Sakti.

Undang-Undang Republik Indonesia. 1992,U.U.R.I. . No. 10 Th. 1992 Tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera, Jakarta; BKKBN
Published
2014-07-01
How to Cite
Alit Saputra, I. G. (2014). Upaya Mewujudkan Suputra melalui Keluarga Berencana. LAMPUHYANG, 5(2), 13-24. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v5i2.161
Section
Articles