Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2013/2014

  • Gede Pasek Sriada Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Pembelajaran Koperatif, Think Pair Share, Audio Visual, Hasil Belajar Agama Hindu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe thing pair share Berbantuan Audio visual untuk  meningkatkan  hasil belajar Agama Hindu siswa kelas V SD 2 Tianyar Barat pada tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes dengan instrumen tes berbentuk esay. Hasil belajar siswa dengan penerapan Koperatif tipe TPS yang didukung dengan penggunaan media audio visual pada siklus I adalah 76,0. daya serapnya adalah 76%. ketuntasan klasikalnya adalah 79%. rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II  adalah 78,5 sedangkan daya serapnya adalah 78%, dan ketuntasan klasikalnya adalah 85,7%. Berdasarkan hasil tersebut  penerapan Koperatif tipe TPS yang didukung dengan penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, maka dari itu di harapkan guru bidang studi Pendidikan Agama Hindu agar menerapkan metode ini semaksimal mungkin dalam proses pembelajaran.

References

Ardana, Dkk. 1981. Pedoman Penerangan Agama Hindu. Denpasar: PHDI.

Aswar. 1997. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Barnadib. 1989. Filsafat Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Utama.

Bartens, K. 1997. Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Darmodiharjo. 1990. Santiaji Pancasila. Surabaya: Usaha Nasional.

Dwija. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Buku Ajar tidak diterbitkan: STKIP Agama Hindu

Faisal. 2005. Format – Format Penelitian Sosial, Dasar – Dasar dan Aplikasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Ihsan. 1995. Dasar – Dasar Pendidikan. Jakarta: penerbit

Langeveld. 1987. Menuju Pemikiran Filsafat. Jakarta: PT. Pembangunan.

Mantra, IB. 1997. Bhagawadgita. Pemda. TK.I Bali.

Narbuko dan Achmadi. 2004. Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. 1985. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara.

Poewadarminta. 1984. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pudja. 1982. Acara Agama Hindu. Proyek Pembinaan Mutu Agama Hindu dan Budha. Depag. RI.

Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Subagyo. 2004. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarsana. 2003. Ajaran Agama Hindu Upadesa. Denpasar: Yayasan Dharma Acarya

Sudhartha. 2001. Upadesa Tentang Ajaran – Ajaran Agama Hindu. Surabaya: Paramita.

Suharsini Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Supartha. 1990. Agama Hindu. Surabaya: Paramita.

Sura, I Gede. 1985. Pengendalian Diri dan Etika dalam Agama Hindu. Depag. Proyek Pendidikan Tinggi Agama Hindu.

Tabrani. 1992. Pendidikan Masa Kini dan Masa Datang. Surabaya: Paramita.

Team Penyusun. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Tiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Teguh. 2001. Penelitian Ekonomi Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Usman dan Akbar. 2003. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

UU.No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Wati. 1999. Pedoman Teknik Penulisan Skripsi. Karya Ilmiah.

Widiarti,A. 2007 . Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasa Segi Empat Pada Siswa Kelas VII Semester 2.[ 8 Januari 2012].

Fprgarty dan Robin. 1996.Think/Pair/Share/.[Online].tersedia : www.Broward kl2.fi.us/ci/Whatsnew/strategies and such/Strategies/thinkpairshare.html[2 November 2009].

Dr.Zubaedi, M.Ag,M.Pd.2011. Desain Pendidikan Karakter.Konsepsi dan Aplikasi Dalam lembaga Pendidikan.

Trianto,M.Pd. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.
Published
2014-07-01
How to Cite
Sriada, G. P. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Tianyar Barat Tahun Pelajaran 2013/2014. LAMPUHYANG, 5(2), 71-81. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v5i2.165
Section
Articles