Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD

  • Ni Nyoman Lisna Handayani Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: pembelajaran kooperatif, teknik time token, aktivitas belajar, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik time token terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 40siswa. Data yang dikumpulkan adalah aktivitas belajar dan hasil belajar IPA. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, aktivitas belajarsiswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif teknik time tokensecara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 6,804; p<0,05). Kedua, hasil belajar IPAsiswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif teknik time tokensecara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F= 15,034; p<0,05). Ketiga, secara simultan aktivitas belajar dan hasil belajar IPAantara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif teknik time token secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.

References

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing History, Principles, and Application. Singapore: Allyn & Bacon Inc.

Ibrahim, Muslimin. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Ibrahim, Muslimin. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Marhaeni, A.A.I.N. 2012.Landasan Dan Inovasi Pembalajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi dalam Era Globalisasi: Suatu Kajian”, Makalah, disajikan dalam Seminar tentang Sistem Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi Menyongsong Era Global oleh Pusbangkurandik-Balitbangdikbud di Jakarta.
Published
2018-07-01
How to Cite
Handayani, N. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. LAMPUHYANG, 9(2), 1-15. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v9i2.166
Section
Articles