Penerapan Model Learning Community untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Agama Hindu dalam Menyusun Rancana Pelaksanaan Pembelajaran

  • I Gusti Ngurah Rai Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Learning community, kemampuan guru, RPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru Agama Hindu dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan model learning community.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi yang dipadukan dengan teknik doumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dengan penghitungan sederhana melalui mencari skor kemampuan tiap-tiap subjek penelitian secara individu. Kemudian mencari nilai rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP dan mencari persentase keberhasilannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru Pendidikan Agama Hindu di Gugus III Kecamatan Rendang dalam menyusun RPP setelah diterapkan model learning community dalam kegiatan pembinaan. Hal itu dibuktikan dengan nilai rata-rata dan persentase keberhasilan pada hasil siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP pada siklus I adalah 64,68 dan pada siklus II sebesar 71,85 sehingga tampak terjadi peningkatan sebesar 7,17. Persentase guru yang berkemampuan baik pada siklus I sebesar 69,23% dan pada siklus II sebesar 76,92% sehingga tampak terjadi peningkatan sebesar 7,69%

References

Ahmadi, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Daryanto. 2005. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djam’an Satori, dkk. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Moleong.2002.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Rosda Karya.

Padmadewi, Ni Nyoman. 2005. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Rideng dkk. 2001. “PenelitianTindakan Kelas: Konsep Dasar dan Prosedur Pelaksanaan”. Makalah Disajikan dalam Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Bedah Buku Biosis. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Biologi SLTP Kabupaten Karangasem. SLTP Negeri 5 Amlapura 10 Mei 2001.

Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sukardi. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Suyanto, dkk. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Wardani, I G.A.K., dkk. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, Martimis. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Published
2018-07-01
How to Cite
Rai, I. G. (2018). Penerapan Model Learning Community untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Agama Hindu dalam Menyusun Rancana Pelaksanaan Pembelajaran. LAMPUHYANG, 9(2), 40-53. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v9i2.169
Section
Articles