Tri Pramana sebagai Pendekatan Saintifik Berbasis Agama Hindu dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar

  • I Ketut Seken Stkip Agama Hindu Amlapura
  • I Komang Badra Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Tri Pramana, pendekatan saintifik, pembelajaran Agama Hindu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Tri Pramana sebagai pendekatan saintifik berbasis agama Hindu dalam pembelajaran Agama Hindu, di Sekolah Dasar. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan studi dokumen, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini ada 3 (tiga) sebagai berikut. (1) Aplikasi pendekatan Tri Pramana dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu (PAH) di SD menekankan pada tiga aspek dalam Tri Pramana, baik yang tertuang dalam Upadesa (Agama Pramana, Pratyaksa Pramana, dan Anumana Pramana) maupun yang tertuang dalam Whraspati Kalpa (Gurutah, Sastratah, dan Swatah). (2) Implementasi pendekatan Tri Pramana dalam pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di SD pada dasarnya relevan dengan pendekatan saintifik dalam pengimplementasian kurikulum 2013. Pratyaksa Pramana sejalan dengan proses mengamati sekaligus menanya karena setelah melakukan pengamatan memungkinkan muncul pertanyaan dari siswa. Agama Pramana sejalan dengan proses mengeksplorasi karena dalam proses pengumpulan data/informasi, siswa dapat membaca sumber pustaka ataupun melakukan wawancara dengan guru yang bersangkutan atau orang lain yang dianggap mampu. Anumana Pramana sejalan dengan proses mengasosiasi dan mengmunikasikan, karena dalam mengasosiasi, siswa mencari hubungan melalui ilustrasi sehingga dapat ditarik simpulan yang selanjutnya dikomunikasikan kepada siswa lainnya. Akan tetapi, proses itu atau kesejalanan itu tidak berlaku mutlak.

References

Ahmadi, Khoiru, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Barbara L. Martin dan Lislie J. Briggs. 1986. The Affective and Cognitive Domains: Integration for Instuction and Research, New Jersey: Englewood Cliffs.

Budiningsih, C. Asri. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gama, I Komang. 2015. Penerapan Pendekatan Tri Pramana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas V Sekolah Dasar negeri 3 Rendang. Skripsi (tidak diterbitkan). STKIP Agama Hindu Amlapura.

Nur, M. 2002. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: PSMS ProgramPascasarjana Unesa.

Putra, I.G.A.G, dkk. 1998. Wrhaspati Tattwa. Surabaya : Paramita.

Rahayu, Endang Sadbudhy dan Nuryata. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita.

RaiSudharta dan Punia Atmaja. 2001. Upadesa tentang Ajaran-ajaran Agama Hindu. Surabaya: Paramita.

Sadra, I Wayan. 2007. Implementasi Konsep Tri Pramana dan Catur Pramita dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya (Makalah disajikan dalam Seminar Tingkat Provinsi Jurusan Pendidikan Matematika). Singaraja: FMIPA Undiksha.

Seken, I Ketut. 2014. IbM Guru Agama Hindu di Kecamatan Rendang. Laporan Pengabdian Masyarakat (tidak diterbitkan). STKIP Agama Hindu Amlapura.

Silberman. 2002. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif, terj. Saljuli et.al, Yogyakarta: Yappendis.
Published
2020-05-26
How to Cite
Seken, I. K., & Badra, I. K. (2020). Tri Pramana sebagai Pendekatan Saintifik Berbasis Agama Hindu dalam Kegiatan Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu di Sekolah Dasar. LAMPUHYANG, 10(1), 76-91. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v10i1.177
Section
Articles