Nyanyian Dharma sebagai Media Komunikasi Pendidikan Karakter Bernuansa Hindu (Suatu Kajian Etnolinguistik Komunitas Hindu di Karangasem)

  • I Nyoman Subadra Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: nyanyian dharma, media komunikasi, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang bernuansa Hindu yang terkandung dalam nyanyian dharma dan mendeskripsikan strategi menyosialisasikan nilai pendidikan karakter yang bernuansa Hindu melalui nyanyian dharma. Metode pengumpulan data yang  digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) Metode Pencatatan Dokumen, (2) Metode Wawancara, dan (3) Metode Observasi.Dalam penelitian kualitatif, analisis data dilakukan secara terus-menerus mulai dari penelitian sampai pada hasil penyusunan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter bernuansa Hindu yang terkandung dalam nyanyian dharma adalah nilai religius, toleransi, disiplin, komunikatif, demokratis, cinta damai, peduli sosial, peduli lingkungan, tanggung jawab, dan kerja sama. Strategi menyosialisasikan nilai pendidikan karakter yang bernuansa Hindu tersebut melalui nyanyian dharma adalah melalui memanfaatnya nyanyian dharma tersebut sebagai media pendidikan.

References

Arikunto, S. 1999. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, Ni Putu. 2012. Biosing untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XG SMA Negeri 1 Selemadeg Tahun Pelajaran 2010/2011. Artikel (diterbitkan). Jurnal Ilmiah Lampuhyang STKIP Agama Hindu Amlapura, Vol.3 No.2 Juli 2012.

Djohan. 2009. Psikologi Musik. Yoyagkarta: Best Publisher.

Dwija, I Wayan. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Buku Ajar Tidak Diterbitkan. STKIP Agama Hindu Amlapura.

Hadi, Sutrisno. 1997. Metodologi Reserch. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Narbuko, C. dan Abu Achmadi. 2004. Metode dan Tekhnik Pengumpulan Data. Jakarta: Jambatan.

Pamungkas, Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: ANDI.

Ridwan, 2004. Belajar Mudah Peneliti Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, Adi. 2001. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Granit.

Sumarsono. 2009. Sosiolinguistik. Singaraja: Undiksha.

Susilawati, M. 2006. Upacara Ngeraja Sewala Bagi Anak Remaja Desa Adat Kemoning Kelurahan Semara Pura Kelod Kecamatan Kelungkung Kabupaten Kelungkung. Skripsi Tidak Diterbitkan. STKIP Agama Hindu Amlapura.

Tyasrinestu, Fortunata. 2012. Lagu Anak dalam Perkembangan Kognitif Bahasa Anak: Tinjauan Psikologi Musik. Artikel (diterbitkan) dalam Bahasa dan Sastra dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: UNY dan Tiara Wacana.
Published
2019-01-01
How to Cite
Subadra, I. N. (2019). Nyanyian Dharma sebagai Media Komunikasi Pendidikan Karakter Bernuansa Hindu (Suatu Kajian Etnolinguistik Komunitas Hindu di Karangasem). LAMPUHYANG, 10(2), 69-83. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v10i2.183
Section
Articles