Pengaruh Penerapan Pendidikan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan matematika realistic terhadap hasil belajar matematika dengan kovariabel kemampuan numerik pada siswa kelas V Gugus I Kubu. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan kovariabel kemampuan numerik. Sampel penelitian berjumlah 59 siswa. Data dikumpulkan dengan tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan anava, anakova dan analisis regresi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan penerapan pendidikan matematika realistik dan pembelajaran konvensional (F=4,585, p <0,05), (2) setelah kovariabel kemampuan numerik dikendalikan, terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti penerapan pendidikan matematika realistik dan pembelajaran konvensional (F=46,239, p <0,05), dan (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 10,6%.
References
Candiasa, Made. 2010. Statistik Multivariat Disertai Petunjuk dengan SPSS. Singaraja: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing History, Principles, and Application. Singapore: Allyn & Bacon Inc.
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Sumarnaya, I Nengah. 2010. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran kontekstual ditinjau dai Kemampuan Numerik terhadap Prestasi Belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri I Dawan Tahun Pelajaran 2010/2011. Tesis_(tidak diterbitkan) Program Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Copyright (c) 2020 Journal Lampuhyang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.