Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Bali (Permulaan) melalui Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada Siswa Kelas III SDN 3 Tiyingtali Tahun pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis aksara Bali (permulaan) melalui model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas III SDN 3 Tiyingtali tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK dengan 2 (dua) siklus. Berdasarkan hasil penelitian, maka diketahui bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan keterampilan menulis aksara Bali (permulaan) siswa kelas III SDN 3 Tiyingtali tahun pelajaran 2019/2020, karena sesuai dengan hasil yang didapatkan sebelumnya pada prasiklus dari 20 orang siswa hanya 9 (45%) orang berkategori Baik, 7 (35%) orang berkategori Kurang, dan 4 (20%) orang berkategori Sangat Kurang dengan rata-rata 53,55 (Kurang). Sedangkan pada siklus I terjadi peningkatan yaitu dari 20 orang jumlah siswa, 14 (70%) orang berkategori Baik dan 6 (30%) orang berkategori Cukup dengan rata-rata 71,7 (Baik). Selanjutnya pada siklus II keterampilan siswa meningkat jauh lebih baik yaitu dengan nilai siswa yang mendapat nilai Baik Sekali 1 (5%) orang, siswa yang mendapat nilai Baik yaitu 19 (95%) orang dengan rata-rata 75,55 (Baik).
References
Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. 2005. Pedoman Pasang Aksara Bali. Denpasar: Sastra Utama.
I Wayan Agus Supardiana; I Wayan Jatiyasa. 2018. “PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AKSARA BALI SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DHARMA PRASANTHI AMLAPURA.” e-jurnal Mitra Pendidikan.
Kartono St. 2009. Menulis Tanpa Rasa Takut. Yogyakarta: Kanisus.
Mulyasa, H.E. 2009. Praktik Penelitian Kelas. Bandung: Remaja Posdakarya
Tarigan, Henry Guntur. 2008. “Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.” Bandung: Angkasa: 3.
Santoso, Eko Budi. 2011. “Model Pembelajaran Course Review Horay.” (Online). Dalam URL https://ras-eko.blogspot.com/2011/05/model-pembelajaran-course-review-horay.html. Diakses pada tanggal 5 Oktober 2019.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Simpen, A.B. I Wayan. 1994. Pasang Aksara Bali. Denpasar: Upada Sastra
Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Copyright (c) 2020 Journal Lampuhyang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.