Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN pada Siswa Kelas XII MIPA 5 Tahun Pelajaran 2018/2019

  • I Gede Bandem Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Pembelajaran CTL, Prestasi Belajar

Abstract

Di SMA Negeri 2 Amlapura khususnya pada siswa kelas XII MIPA 5   ada beberapa siswa  prestasinya dalam pelajaran PPKn masih belum optimal. Dalam proses belajar di kelas, siswa sudah bisa belajar dengan aktif akan tetapi materi masih dihapal dan sangat susah untuk mengaplikasikan dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi  belajar melalui penerapan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan prestasi belajar PPKN. Rancangan penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 5 sebanyak34 orang. Metode Pengumpulan Data metode tes untuk mengumpulkan data tentang  prestasi  belajar. Metode analisis datanya adalah analisis diskriftif kualitatif, artinya memaparkan aktivitas belajar siswa berdasarkan hasil pengumpulan data melalui observasi secara naratif dan memaparkan perkembangan prestasi melaui metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan prestasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata  kelas sebesar 76,32. Hasil ini meningkat pada siklus II yaitu nilai rata-rata kelas sebesar 81,32.Berdasarkan hasil penelitian ini,maka  melalui penerapan model pembelajaran CTL ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar.Maka dari itu diharapkan guru bidang studi PPKN agar menjadikan model pembelajaran ini sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar.

References

Arikunto, S 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Candra Ririn Andriana. 2007. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Geografi Untuk Memahami Konsep-Konsep Geografi Dalam Upaya Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII 3 SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007. Jurusan Pendidikan Geografi . Universitas Pendidikan Ganhesa Singaraja.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Saparwadi. 2004. Implementasi Pendidikan Kontekstual Dengan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas IIA SMP N 2 SingarajaPada Pokok Bahasan Kalor Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Fisika. IKIP Negeri Singaraja.

Wahyudin, Supriadi, Abduhak. 2006. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winataputra, H. Udin S. 2000. StrategiBelajar Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka

Wirya Angkasa Made. 2007. Implementasi Model Pembelajaran 5E Berorientasi Kontekstual Dalam pembelajaran Agama Hindu Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas V SD No. 3 Sambangan Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Agama Hindu. STKIP Agama Hindu Singaraja.

Tanpa Nama. 2003. Pendekatan Kontektual (CTL). Jakarta : Depdiknas.

Ariasa, I Putu. 2013. Penerapan Strategi REACT Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Pinggan Kecamatan Kintamani Kabupaten Bangli Provinsi Bali Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurusan Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Amlapura.

Warka, I Nengah. 2012. Pendekatan Kontekstual Berbantuan Lembar Kerja Siswa Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Nyuhtebel Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurusan Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Amlapura.

Sariasih, Ni wayan. 2011. Penerapan Contekstual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Siswa Kelas IV SD Negeri 12 Karangasem. Jurusan Pendidikan Agama Hindu STKIP Agama Hindu Amlapura.

Dwija, I Wayan. 2003. Petunjuk Penyusunan Proposal.Bahan Ajar TPN (tidak diterbitkan). Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.

Kartadinata, Sunaryo. dkk. 1998. Bimbingan di Sekolah Dasar. Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2020-07-01
How to Cite
Bandem, I. G. (2020). Penerapan Model Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKN pada Siswa Kelas XII MIPA 5 Tahun Pelajaran 2018/2019. LAMPUHYANG, 11(2), 42-55. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.197
Section
Articles