Ajaran Kepemimpinan dalam Tkes Aji Janantaka

  • Ni Kadek Ayu Paramanandani Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Ajaran Kepemimpinan, Teks Aji Janantaka

Abstract

Teks Aji Janantaka merupakan karya sastr lama yang sarat akan ajaran keagamaan salah satunya adalah ajaran kepemimpinan yang dapat digunakan sebagai pedoman dan dasar dalam berbuat dan bertingkah laku oleh semua umat Hindu terlebih sebagai seorang pemimpin sehingga dapat membimbing dan menuntun masyarakat zaman sekarang kearah kehidupan yang lebih baik, namun pada kenyataannya kebanyakan pemimpin yang terlahir pada kehidupan modern sekarang iniĀ  berprilaku yang melenceng dari ajaran-ajaran kepemimpinan yang terdapat dalam kesusastraan Hindu. Disamping itu belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan Teks Aji Janantaka apalagi memahami ajaran kepemimpinan yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan penjelasan di atas maka permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Bagaimanakah hakekat kepemimpinan yang terkandung dalam Teks Aji Janantaka ?, (2) Bagaimanakah sifat-sifat kepemimpinan dalam Teks Aji Janantaka ?. Untuk memperoleh ajaran kepemimpinan dalam Teks Aji Janantaka dengan jenis data kualitatif, digunakan metode penelitian sastra dengan sumber data utamanya adalah Teks Aji Janantaka itu sendiri. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode pencatatan dokumen dilanjutkan dengan pengolahan datanya menggunakan metode deskriptif dengan teknik argumentasi. Setelah data selesai diolah maka didapatkan hasil sebagai berikut : (1) hakekat kepemimpinan dalam Teks Aji Janantaka meliputi : a) Rasa tanggung jawab, b) Pengorbanan, c) mMenjadi pelopor, d) Pelayanan. (2) sifat-sifat kepemimpinan dalam Teks Aji Janantaka meliputi : a) Sifat Dewa Indra, b) Sifat Dewa waruna, c) Kaparahitaning Praja, d) Jnana Wisesa Sudha, e) Wibhawa, f) Sopan Santun dalam berkomunikasi, g) Cakap dalam pemerintahan, h) Jujur, i) Berani mengambil resiko dan tidak basa-basi.

References

Aden. 2010. 100 Prinsip Kepemimpinan Terhebat sepanjang Masa. Yogyakarta: Hangar Kreator.

Anandakusuma, Sri Resi. 1986. Kamus Bahasa Bali. Graha Pangaratan: CV. Kayu Mas Agung.

Aristana, I Ketut. 2011. Nilai Pendidikan Etika dalam Cerita Tantri (Nandhaka Harana). Skripsi Tidak Diterbitkan. Amlapura: STKIP Agama Hindu.

Darusuprapta., Sumarti Suprayitna. 1994. Kamus Jawa Kuna Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Gotama, P.A.P. 2010. Penerapan Metode Proyek dengan Memanfaatkan Wacana Argumentasi Siswa Kelas V5 Semester 2SMAN 1 Selat, Karangasem. Skripsi Tidak Diterbitkan. Singaraja: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Pendidikan Ganesa.

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodologi Research. Jilid 1. Yogyakarta: Andi.

Hardaniwati,. 2003. Kamus Sastra. Bandung: Angkasa.

Kartono, Kartini. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Pudja, G. Cokorda Rai sudharta. 2004. Manawa Dharma Sastra. Surabaya: Paramita.

Pendit. Nyoman S. 2010. Ramayana. Cetakan ke 3. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratna, N.K. 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subagiasta, I Ketut. 2010. Kepemimpinan (Leadership) dalam Agama Hindu. Surabaya: Paramita.

Sidharta., Tjok Rai. 2009. Kepemimpinan Hindu Asta Bratha dan Nasehat Sri Rama Lainnya. Surabaya: Paramita.

Somvir. 2001. 108 Mutiara Weda Untuk Kehidupan Sehari-hari. Surabaya: Paramita.

Titib, I Made. 1996. Weda Sabda Suci Pedoman Praktis Kehidupan. Paramita: Surabaya.

Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka.

Yasasusastra, J., Syahban. 2011. Asta Brata 8 Unsur Alam Simbol Kepemimpinan. Yogyakarta: Pustaka Mahardika.
Published
2020-07-01
How to Cite
Paramanandani, N. K. (2020). Ajaran Kepemimpinan dalam Tkes Aji Janantaka. LAMPUHYANG, 11(2), 56-70. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.198
Section
Articles