PENERAPAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BEBANDEM DALAM PEMBELAJARAN ALJABAR

  • I Komang Gede Sudarsana
Keywords: Model STAD, Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan
tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII
SMP Negeri 1 Bebandem dalam pembelajaran aljabar dengan penerapan model STAD.Subjek dari
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bebandem berjumlah 32 orang
terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua
siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) perencanaan,
(2) tindakan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Objek dari penelitian ini adalah
aktivitas dan prestasi belajar siswa.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah
(1) data aktivitas siswa yang dikumpulkan dengan lembar observasi kemudian dianalisis
berdasarkan mean ideal dan standar deviasi ideal, (2) data prestasi belajar siswa yang
dikumpulkan dengan tes selanjutnya dianalisis berdasarkan daya serap dan ketuntasan
belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah pembelajaran dikatakan
berhasil apabila aktivitas siswa minimal termasuk dalam kategori aktif, dengan daya
serap yang dicapai siswa e” 70% dan ketuntasan belajar e” 85% .Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model STAD dalam pembelajaran aljabar: (1)
dapatmeningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya
peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 2,95
dan aktivitas siswa termasuk kategori aktif, (2) dapat meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan daya serap dari siklus
I ke siklus II sebesar 4,85% dan ketuntasan belajar sebesar 9,37%. Berdasarkan
hasil-hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
STADdapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII C
SMP Negeri 1 Bebandem dalam pembelajaran aljabar dan disarankan kepada guru matematika
untuk menerapkan model STADsebagai upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran aljabar.

References

Arikunto.1989. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Buchori. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bineka Cipta

Depdiknas,2004. Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pedoman Khusus Pengembangan Silabus Berbasis Kompetensi Sekolah Menengah Pertama
(SMP) Mata Pelajaran Matematika. Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama. Jakarta

Miniawati, N. 2006. Penerapan Pembelajaran Partisipatif dengan Teknik Kelompok Buzz untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 3 Sawan. Tidak diterbitkan.

Nurkancana,1992. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional Slavin, Robert E. 1986. Cooperative Learning Theory, Reseach and Practice Second
Edition. Boston:Allyn and Bacon.

Tim Instruktur PKG Matematika SMU. 1992. Penilaian. Yogyakarta : Depdikbud
Published
2018-12-18