Penerapan Model Students Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Pendekatan Tri Pramana dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • I Wayan Pendem STAH LAMPUNG
Keywords: Model STAD, Pendekatan Tri Pramana, Ilmu Pengetahuan Alam, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan
tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 4 Seraya
Barat Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan penerapan Model Students Team Achevement
Division (STAD) berbantuan Pendekatan Tri Pramana dalam pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri
4 Seraya Barat Tahun Pelajaran 2018/2019 berjumlah 17 orang, terdiri dari 12 siswa lakilaki dan 5 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan masing-masing
siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3)
observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Objek dari penelitian ini adalah prestasi belajar siswa.
Data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes selanjutnya dianalisis berdasarkan
daya serap dan kriteria ketuntasan belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini
adalah pembelajaran dikatakan berhasil jika prestasi belajar siswa berada ≥ 70 % daya
serapnya ≥ 66% dan ketuntasan klasikal ≥ 66% Dari data yang dianalisis dapat
disimpulkan bahwa penerapan Model Students Team Achevement Division (STAD) berbantuan
Pendekatan Tri Pramana dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 4
Seraya Barat Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Peningkatan prestasi belajar ditunjukkan dengan adanya peningkatan dari Pra siklus
dimana daya serap siswa adalah 65,29% meningkat pada siklus I menjadi 71,17%. Jadi
ada peningkatan sebesar 5,88%. Selanjutnya dalam siklus I daya serap siswa adalah
71,17%. dan meningkat pada siklus II menjadi 76,17%. Jadi ada peningkatan daya serap
sebesar 5 %. Demikian juga jika dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada Pra siklus
adalah 41,17%, sedangkan pada siklus I menjadi 70,58%. Jadi ada peningkatan dari Pra
siklus ke siklus I sebesar 29,41%. Selanjutnya pada siklus I ketuntasan belajar siswa
70,58%. meningkat pada siklus II menjadi 82,39%. Jadi ada peningkatan ketuntasan
belajar siswa sebesar 11,81%. Berdasarkan hasil temuan di atas disarankan kepada para
guru untuk menerapkan model Students Team Achevement Division (STAD) berbantuan
Pendekatan Tri Pramana sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga prestasi belajar siswa meningkat.

References

Aqip, Zainal dkk. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas untuk Guru
SMP,SMA,SMK. Bandung: CV
Yrama Widya.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori
Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dwija, I Wayan. 2006. “Hubungan
Antara Konsep Diri. Motivasi
Berprestasi dan Perhatian Orang
Tua Dengan Hasil Belajar Sosiologi
Pada Siswa Kelas II SMA
Unggulan Di Kota Amlapura”.
Tesis. Singaraja: Program
Pascasarjana IKIP Negeri. Tidak
diterbitkan.

Isjoni. 2010. Cooperative Learning.
Bandung: Alfabeta.

Iskandar, Srini M. 2001. .Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Alam. Medan:
DEPDIKBUD.

Melany Kasim. 2008. Model
Pembelajaran ILMU
PENGETAHUAN ALAM , (Online),
Http: // Wodrpres. Com. (diakses
25 Juni 2020).

Nasution, 2016. ”Hubungan Metode
Mengajar Dosen, Keterampilan
Belajar, Sarana Belajar dan
Lingkungan Belajar dengan
Prestasi Belajar Mahasiswa”.
Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 8
Nomor 1. Tahun 2016.

Rulyanda, Dodi.2018. ”hakikat dan
tujuan pembelajaran di SD”
tersedia dalam
http://dodirullyandapgsd.blogspot.c
o.id/2014/08/hakikat-dan-tujuanpembelajaran-Ilmu Pengetahuan
Alam .html (diakses tanggal 25 Juni
2020).

Seken, I Ketut. 2013. “Upaya
Meningkatkan Kemampuan Guru
Agama Hindu di Kota Amlapura
dalam Mengimplementasikan
Kurikulun 2013 Melalui
Pendekatan Tri Pramana”. Jurnal
Lampunyang Vol. 7 No. 1 tahun
2015. Amlapura : Lembaga
Penjamin Mutu STKIP Agama
Hindu Amlapura.

Subagia, I Made. 2017. “Pendekatan Tri
Pramana untuk meningkatkan
Prestasil belajar Ilmu Pengetahuan
Alam Siswa Kelas XII AP 2 SMK
Negeri 1 Amlapura Tahun
Pelajaran 2016/2017”. Jurnal
Lampuyang Vol.8 No 1 tahun 2017.
Amlapura : Lembaga Penjamin
Mutu STKIP Agama Hindu
Amlapura.

Subagia.I.W. dan Wiratma, I G.L. 2007.
Model Siklus Belajar Berbasis
Kearifan Lokal Masyarakat Bali.
Singaraja : Uneversitas Pendidikan
Ganesha.

Suprijono, A. 2011. Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.

Trianto Ibnu Bahar al- Tabany. 2014.
Mendesain Model Pembelajaran
Inovatif – Progtesif. Dan
Kontektual. Konsep Landasan, dan
Inplementasinya pada Kurikilum
2013 (Kurukulum Tematik
Integratif/KTI). Jakarta: PT.
Kharisma Putra Utama.
Published
2021-01-28
How to Cite
Pendem, I. W. (2021). Penerapan Model Students Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Pendekatan Tri Pramana dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. LAMPUHYANG, 12(1), 92-106. Retrieved from http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/253
Section
Articles