PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS X AP 5 SMK NEGERI 1 AMALAPURA I. PENDAHULUAN TAHUN AJARAN 2016/2017

  • I Made Subagia
Keywords: Prestasi Belajar, Flipped Classroom

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan flipped classroom untukĀ 
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X AP 5 SMK Negeri 1 Amlapura. Penelitian
ini dilatar belakani oleh kuranya referensi yang dimiliki oleh siswa sehingga siswa masuk
kelas tanpa pengetahuan awal yang cukup sehingga berdampak pada rendahnya prestasi
belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian PTK dengan dua siklus. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa dengan metode fidded classroom dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa. Rerata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 72,22 eningkat menjadi
74, 38. Dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 80,08 persen dan pada siklus
II sebesar 91,89 persen. Pembelajaran dengan flipped classroom dapat mengefektifkan
proses pembelajaran karena aktivitas pembelajaran yang biasanya diselesaikan dikelas
dikerjakan di rumah begitu pula sebaliknya aktivitas pembelajaran yang biasanya
dikerjakan dirumah diselesaikan di kelas. Model pembelajaran ini mengacu pada sistem
pendidikan pada abad 21.

References

Damayanti, Ni Putu. 2012. Biosing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa kelas X SMA Negeri 1 Selemadeg. Hasil Penelitian. Tidak diterbitkan.

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : ANDI OFFSET.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Undang-undang Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. 2003.

Dwija, I.W. 2004. Hubungan Antara Konsep Diri, Motivasi Berprestasi dan Perhatian
Orang Tua Dengan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas II SMA Unggulan Di Kota Amlapura. Tesis Tidak Diterbitkan. Singaraja : Program Pascasarjana IKIP. Negeri.

Elliott, S.N. et al. (2000). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective
Learning. Boston: Mc.Graw Hill.

Hanafiah, N., Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika
Aditama.

Hoy, Charles, Colin Bayne-Jardine and Margaret Wood. (2000). Improving Quality in
Education. London: Falmer Press. 2006.

Miarso, Yusufhadi.(2004). Menyemai benih Teknologi Pembelajaran. Jakarta :
Pustekkom Diknas & Kencana.

Moore, K. D. (2005). Effective Instructional Strategies From Theory to Practice.
California: Sage Publications Inc.

Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Prenada Media Group.

Seken, I Ketut. Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Pendidikan Agama Hindu
di Kota Amlapura dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Tri Pramana. Jurnal LAMPUHNYANG Vol. 7 No. 1 tahun 2015. Lembaga Penjaminan mutu: STKIP Amlapura

Slavin, E Robert,2005. Cooperative Leraning: theory,research and practice. London :
Allymand Bacom.

Stringer, Ernest.1999. Action research second Edition.USA : Sage Publicatian.

Triatno. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Published
2018-12-18