Upaya Meningkatkan Kualitas Administrasi Pembelajaran pada Mahasiswa Praktikum Lapangan Program Studi Pendidikan Agama Hindu melalui Penyusunan Portofolio

  • I Komang Badra
Keywords: kualitas administrasi pembelajaran, portofolio

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena administrasi pembelajaran (silabus dan RPP) mahasiswa praktikum lapangan program studi Pendidikan Agama Hindu belum optimal. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan kualitas administrasi pembelajaran tersebut. Subjek penelitiannya berjumlah 8 orang mahasiswa praktikum lapangan dari program studi Pendidikan Agama Hindu. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode studi dokumen berdasarkan administrasi pembelajaran (silabus dan RPP) yang disusun oleh subjek penelitian. Untuk mengukur kualitas administrasi pembelajaran (silabus, RPP) yang disusun digunakan analisis secara statistik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa penyusunan portofolio dalam kegiatan pembinaan dapat meningkatkan kualitas administrasi pembelajaran mahasiswa yang sedang melaksanakan praktik pengalaman lapangan (PPL). Hal itu dibuktikan dengan hasil evaluasi siklus I dan siklus II. Pada siklus I, yang tergolong kualitas tinggi hanya sebesar 62,5%; sedangkan pada siklus II yang tergolong kualitas tinggi sebesar 87,5%. Dengan demikian, tampak terjadi peningkatan sebesar 25%.

 

References

Dwija, I Wayan. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan (Bahan Ajar). Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.

Fajar, Arnie, 2009. Portofolio Dalam Pelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hakiim,Lukmanul, 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, 2009. Prakteik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur, 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Published
2021-07-01
How to Cite
Badra, I. K. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Administrasi Pembelajaran pada Mahasiswa Praktikum Lapangan Program Studi Pendidikan Agama Hindu melalui Penyusunan Portofolio. Lampuhyang, 12(2), 192-204. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.277
Section
Articles