KONTRIBUSI KOMPETENSI PROFESIONAL, KONSEP DIRI AKADEMIK SERTA MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI TINGKAT SMA SE-KABUPATEN KARANGASEM

  • I Ketut Wiriyawan
Keywords: Kompetensi Profesional`, Konsep Diri Akademik, Motivasi Kerja Guru, Kualitas Pengelolaan Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi Kompetensi
Profesional, Konsep Diri Akademik, Motivasi Kerja Guru terhadap Kualitas Pengelolaan
Pembelajaran, secara terpisah maupun simultan pada guru Bahasa Inggris SMA di
Kabupaten Karangasem. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat Kontribusi
yang positif dan signifikan Kompetensi Profesional terhadap Kualitas Pengelolaan
Pembelajaran melalui persamaan garis regresi v=103,99 + 0,220 X dengan kontribusi
sebesar 12,0%, (2) terdapat Kontribusi yang positif dan signifikan Konsep Diri Akademik
1 terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran melalui persamaan garis regresi v =117,11
+ 0,195 X dengan kontribusi sebesar 11,0 %, (3) terdapat Kontribusi yang positif
dan signifikan Motivasi Kerja Guru terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran melalui
2 dengan kontribusi sebesar 14,0 % , (4) terdapat Kontribusi yang positif dan signifikan Kompetensi Profesional, Konsep diri
persamaan garis regresi v= 90,70 + 0,311 X 3 Akademik, Motivasi Kerja Guru secara simultan terhadap Kualitas Pengelolaan
Pembelajaran melalui persamaan garis regresi v = 98,901 + 0,196 X+0,256 X dengan kontribusi sebesar 22,80%. Berdasarkan temuan tersebut dapat
disimpulkan bahwa Kompetensi Profesional, Konsep Diri Akademik, Motivasi Kerja
Guru berkontribusi secara signifikan terhadap Kualitas Pengelolaan Pembelajaran pada
guru guru bahasa Inggris SMA di Kabupaten Karangasem baik secara terpisah maupun
simultan. Dengan demikian ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat
kecendrungan kemampuan guru dalam meningkatkan kualitas pengelolaan
pembelajaran.

References

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran : Ar- Ruzz
Media

Bryson John M, 1995. Strategic Planning For Public and Non Profit Organizations : HB Printing.

Crain William, 2007. Teori Perkembangan Konsep Dasar Dan Aplikasi : Pustaka
Pelajar.

Depdiknas, 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22Tahun 2006
tentang standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah,
Jakarta: Depdiknas

Danim Sudarwan, 2003. Menjadi Komunitas Pebelajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Dantes Nyoman, 2008. Metodologi Penelitian : Universitas pendidikan Ganesha Singaraja.

Dantes Nyoman, 2008. Tinjauan Tentang Profesionalisme Guru: Undiksha Singaraja
(Makalah disampaikan dalam seminar tentang Profesi guru Kabupaten Gianyar
tanggal 21 Desember 2008).

Dantes Nyoman, 2010. Kerangka Dasar Penelitian kuantitatif : Undiksha Singaraja
(Makalah disampaikan pada seminar Metode Penelitian di Universitas Penidikan
Ganesha Singaraja tanggal 28 Juni 2010)

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah , direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas, 2009 : Materi Diklat/
Bimtek KTSP SMA: Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik Oemar, 2003. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,
Jakrta : Bumi Aksra.

Koyan I Wayan & Dantes Nyoman, 2009. Pengembangan Profesionalisme guru :
Universitas pendidikan ganesha Singaraja. (makalah disampaikan dalam PLPG Tidak dipulikasikan)

Kunandar, 2007. Guru profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marhaeni A.A.I.N, 2007. Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Tingkat
Dasar Undiksa Singaraja.
Mulyasa E, 2002.Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosda
Karya

Muslimin Ibrahim, 2000 Pembelajaran Kooperatif. Jakarta:University Press

Ratna Wilis Dahar, 1996. Teori Teori Belajar, Jakarta: Erlangga
Slameto, 2003. Belajar Dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Cipta

Sudjana Nana dan Ibrahim, 2001 Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung:sinar Baru Algensindo.

Sugiyono, 2010. Statistika Untuk Penelitian.Alfabeta Bandung.

Suharsimi Arikunto, Cepi Abdul Jabar, 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:
Rineka Cipta

Surya Muhhamad, 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung:
Pustaka Bani Quraisy.

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik,
Jakarta:Prestasi Pustaka

Wina Sanjaya, 2010, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan,Jakarta: Prenada Media Group

Zainun B, 1981. Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Balai Pustaka
Published
2018-12-18