Pengaruh Model Inquiri Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 4 Sangsit

Pengaruh Model Inquiri Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 4 Sangsit

  • Ni Ketut Erna Muliastrini stkip agama hindu amlapura
  • Ni Nyoman Lisna Handayani STAHN Mpu Kuturan Singaraja
Keywords: inquiry method, science learning outcome, science literacy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh implementasi model inquiri terhadap literasi sains dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 4 Sangsit. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah semua siswa V SD 4 Sangsit yang terdiri dari 40 siswa. Sebanyak 40 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data literasi Sains dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (Multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, literasi sains antara siswa yang mengikuti model inquiri secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kedua, prestasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model inquiri secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Ketiga, secara simultan literasi sains dan hasil belajar antara siswa yang mengikuti model inquiri secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

References

Ardianto, Rubini. 2016 Comparision of Student’s Scientific Literacy in Integrated Science Learning Through Models of Guided Discovery and Problem Based Learning. International Science Education Journal 5 (1). 31-37. Tersedia pada http://www.journal.unes.ac.id Diakses 8 Desember 2021.

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. (Edisi Ketujuh/ Buku Dua). Terjemahan Helly Pajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aziz, Artika. 2014. 4 Pilar Pendidikan Menurut UNESCO. Jakarta: Erlangga.

Boujaoude.2016. Scientific Literacy. International Educational Research. 3(2). 10-16. Tersedia pada www. Erin.savap.org. Diakses 2 Agustus 2021.

Dantes, 2012. Model Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Ketiga. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan dan Nasional.
Djamarah. Syaiful Bahri 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Gormally,C., Brickman.2015.Effects of Inquiry Based Learning on Students Science Literacy Skill and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3 (2). 31-37. Tersedia pada http://www.doi.org Diakses 8 November 2021.

Gregory, Robert J. 2000. Psychological Testing History, Principles, and Application. Singapore: Allyn & Bacon Inc.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

OECD. 2007. PISA 2006 Science Competencies for Tomorrow’s World Volume 1: Analysis. Tersedia pada http://www.oecd.org/publishing/corrigenda. (diakses pada tanggal 30 November 2021).

PISA. 2006. Science Competencies for Tomorrow’s World Volume 1-analysis.OECD. Tersedia pada: www.oecd.org/statistics/statlink. (diakses pada tanggal 30 November 2021).

Suastra, I Wayan. 2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Sugiyono, 2012. Model Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta.
Sukardi, 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sunarto. 2008. Literasi sains. Tersedia pada http://banjarnegarambs. wordpress.com/literasi sains-belajar-siswa/..
Suparman. 2010. Gaya Mengajar Yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Toharudin, 2011. Membangun Literasi Sains Pesrta Didik. Bandung: Humaniora
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Published
2022-07-18
How to Cite
Muliastrini, N. K., & Handayani, N. N. (2022). Pengaruh Model Inquiri Terhadap Literasi Sains Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 4 Sangsit. LAMPUHYANG, 13(2), 125-143. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i2.306
Section
Articles