Penerapan Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidik di Sekolah Kejuruan

Penerapan Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidik di Sekolah Kejuruan

  • Ni Putu Diah Untari Ningsih STKIP Agama Hindu Amlapura
  • I Putu Oky Ariartha STKIP Agama Hindu Amlapura
Keywords: Supervisi, Mutu Pendidik, Sekolah Kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya menghasilkan lulusan yang kompeten, tenaga pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis kompetensi. Sehingga mutu pendidik sangat berpengaruh besar dalam peningkatan mutu dari pendidikan itu sendiri. Supaya mempunyai lulusan peserta didik yang diharapkan maka sekolah harus bisa meningkatkan mutu pendidiknya. Peningkatan kompetensi profesional yang dimiliki oleh tenaga pendidik di suatu sekolah, khususnya pada sekolah kejuruan dipengaruhi oleh penerapan supervisi pendidikan. Penelitian didasarkan pada bagaimata penerapan supervisi di sekolah kejuruan jika dibandingkan dengan sekolah lain dalam meningkatkan kualitas pendidikan serta bagaimana pengaruh supervisi di sekolah kejuruan terhadap daya kerja pendidik untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan standar kompetensi. Dari pemaparan teori serta analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa : 1). Meningkatkan mutu pendidikan harus dibarengi dengan meningkatkan mutu guru, karena guru merupakan kunci penting dalam pelaksanaan pendidikan di lapangan, 2). Dengan dilaksanakannya kegiatan supervisi, guru dibantu dalam meningkatkan kompetensinya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 3). Penerapan supervisi di Sekolah Kejuruan tidak jauh berbeda dengan sekolah lainnya yang memiliki tujuan yang sama yakni untuk meningkatkan mutu guru sehingga menghasilkan lulusan yang kompeten.

References

Anonim. (2021, Juni 3). Pengertian Mutu Pendidikan. Dipetik Mei 21, 2022, dari Kepegawaian Universitas Medan Area: https://kepegawaian.uma.ac.id/pengertian-mutu-pendidikan/
Anonim. (2021, September 7). Supervisi. Dipetik Mei 23, 2022, dari Wikipedia Bahasa Indonesia : https://id.wikipedia.org/wiki/Supervisi
Anonim. (t.thn.). Guru Profesional. Dipetik Mei 23, 2022, dari Info Kompetensi: http://kompetensi.info/coretan-opini-civitas/guru-profesional.html
Carter, V. Good. Dictionary of Education. ( New York: M. Graw Hill Book Conpanny. 1959)
Depdiknas. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Pendidik Dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Firdian, H. Y. (2009). Manajemen Pengembangan Mutu Guru (Di SDIT Harapan Bunda Semarang). Semarang: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Kimball Wiles, Supervision For Better Schools, Fifth Edition, America: Printed in the United States of America, 1982.
Mardiah, A. (2019). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Administrasi dan Supervisi Pendidikan.
Salim, S. (t.thn.). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Kejuruan.
SALIM, S. (t.thn.). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL.
Setiawati, D. (2014). Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah di SMK Nederi I Depok dan SMK Negeri II Depok Sleman Yogyakarta. Yogyakarta.
Slameto. (2016). Supervisi Pendidikan oleh Pengawas Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 192-206.
Wikipedia. (2021, November 8). Sekolah Menengah Kejuruan. Dipetik Mei 23, 2022, dari Wikipedia Bahasa Indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah_menengah_kejuruan
Wikipedia. (2022, Mei 5). Guru. Dipetik Mei 23, 2022, dari Wikipedia Bahasa Indonesia: https://id.wikipedia.org/wiki/Guru
Published
2022-07-17
How to Cite
Untari Ningsih, N. P., & Ariartha, I. P. (2022). Penerapan Supervisi Pendidikan Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidik di Sekolah Kejuruan. LAMPUHYANG, 13(2), 1-10. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i2.310
Section
Articles