Hubungan antara Konsep Diri dengan Hasil Belajar Agama Hindu pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Perhotelan Parisadha Amlapura
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana konsep diri siswa kelas X SMA.Perhotelan Parisadha Amlapura, (2) bagaimana Hasil belajar Agama Hindunya, (3) bagaimana hubungan konsep diri dengan hasil belajar Agama Hindu siswa tersebut. Tujuannya adalah (1) untuk mengetahui konsep diri siswa kelas X dan hasil belajar Agama Hindu serta hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar Agama Hindu.Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas X, sampel diambil dengan tehnik kuota random sampling. Metode pendekatannya adalah metode emperis. Data konsep diri dikumpulkan dengan angket, dan hasil belajar Agama Hindu melalui pencatatan dokumen. Uji Hipothesis menggunakan Produck Moment.Temuan penelitian, yaitu: (1) konsep diri siswa termasuk kategori sedang, (2) Hasil belajar Agama Hindu termasuk kategori sedang, dan (3) hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar Agama Hindu tidak bersifat signifikan.Saran yang diajukan adalah: (1) kepada siswa kelas X SMA. Perhotelan Parisadha Amlapura disarankan agar membangun konsep diri secara positif, dengan memahami diri secara cermat dan mengembangkan segenap potensi diri secara maksimal, (2) kepada guru yang mengajar siswa kelas X, supaya mengoptimalkan fungsi segenap faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (3) kepada orang tua siswa kelas X agar melaksanakan pola asuh secara demokratis supaya konsep diri anak tumbuhkembang maksimal.
References
Bee, H.1981. The Developing Child Third Edition. New York: Harperd Row Publiser.
Bellen.2004. Penilaian Menurut KBK. Jakarta: Depdiknas
Brookover, Gottlib.1964.Sosiology Of Education, 2 nd edition. New York: Book Company.
Dwija,I W. Hubungan Antara Konsep Diri Motivasi BerprestasiDan Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Sosiologi Pada Siswa Kelas II Sekolah Menengah Atas Ynggulan Di Kota Amlapura. Tesis Pasca Sarjana IKIP Negeri Singaraja.
Gunarsa dan Gunarsa. 1983. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung. PT. BPK Gunung Mulya.
Hurlock, Elizabeth B. 1993. Child Development Alih Bahasa Dr. Med Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Johnson, RC. And Medinus, GR. 1999. Child Psychology Behavior and Development Scond Edition. New York: John Wiley Sons Inc.
Krathwohl, David R. Benyamin S. Bloom and Beertram B. Masia.1974. Taxonomy of Educational Objective the Classification of Education Goals , Hand Boock II Afective Domain . New York: MC. Kay Company. Inc.
Nana Sujana. 1999.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdekarya.
Pryadharma Triguna. 2001. Krteativitas dan Strategi. Jakarta: PT. Golden trayom Press.
Sagala, Saiful. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Scord P.F, and Bacman, C, W. 1974. Social Psychology and Education. Tokyo: Mc. Grow-Hill Kogasusha.
Song, Hattie. 1984.Home Enceroment, Self-Concept and Academic Achievement : A Casual Modeling Approach , Jurnal of Educational Psychology, Vol 76. No.6.
Sugiarto dkk. 2001. Tehnik Sampling. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sutrisno Hadi. 1990. Metodelogi Research. Yogyakarta. UGM.
Copyright (c) 2010 Journal Lampuhyang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.