Nilai Pendidikan Agama Hindu dalam Wana Parwa

  • I Wayan Gama Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Nilai pendidikan, agama Hindu, dan Wana Parwa

Abstract

Dewasa ini, masyarakat dunia telah mengalami perkembangan pesat, karena pengaruh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kesejahteraan hidup masyarakat modern merupakan buah dari proses pendidikan. Hiruk pikuk pergaulan masyarakat sekarang ini, semakin lepas dari etika pergaulan dan norma kehidupan. Hal tersebut mewajibkan masyarakat Hindu menenggok kembali kisah-kisah cerita masa lampau yang tersurat pada epos Wana Parwa, untuk menyadari agar sejarah pahit masa lampau tidak terulang di masa yang akan datang. Masyarakat modern dengan kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotor mampu mengantisipasi hal tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui isi pesan pendidikan Agama Hindu yang ada di dalam cerita Wana Parwa, (2) untuk mengetahui ajaran agama Hindu yang tersurat dalam epos Wana Parwa, dan (3) untuk mengetahui nilai pendidikan Agama Hindu yang tertuang di dalam kisah Wana Parwa. Penelitian ini memiliki manfaat secara teoritis yaitu dapat digunakan sebagai  informasi awal para pembaca, berkenaan dengan isi pesan nilai pendidikan Agama Hindu di dalam cerita Wana Parwa. Kemudian, secara praktis, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pegangan di dalam mengamalkan nilai-nilai pendidikan Agama Hindu, melalui refleksi kisah kehidupan masa lampau. Ajaran agama Hindu yang tersirat dalam epos Wana Parwa adalah ajaran etika, ahimsa, tat tuam asi, catur paramita, panca sradha, karmapala, nitisastra, dan dasa yama bratha. Nilai pendidikan Agama Hindu yang tertuang dalam cerita Wana Parwa meliputi nilai sopan santun, nilai kebenaran, nilai kesucian, nilai keindahan, nilai  kejujuran, nilai toleransi, nilai penyadaran, nilai kebersihan hati, nilai kepercayaan, dan nilai kepahlawanan. Melalui penelitian ini, peneliti menyarankan kepada pendidik dan orang tua, untuk terus membaca cerita Ramayana dan Mahabrata, karena di dalam epos tersebut banyak ajaran agama Hindu yang menyimpan nilai-nilai pendidikan yang bisa digunakan sebagai pencerahan dan obor kehidupan kekinian.

References

Anggoro, M.T. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Bungin, B.(ed). 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmodihardjo, D. Dkk. 1991. Santiaji Pancasila. Surabaya : Usaha Nasional.

Kutha, N., R. 2007. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Parisadha Hindu Dharma Pusat. 2005. Himpunan Keputusan Seminar Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek–Aspek Agama Hindu I – XV. Denpasar : Pemerintah Propinsi Bali.

Pendit, N., S. 1993. Mahabharata. Jakarta: Bharatara.

Prabhupada. 1994. Srimad Bhagavatam. Jakarta.

Prabhupada. 2006. Bhagavad Gita. The Bhaktivedanta Book Trust.

Pudja, I.G. 1981 / 1982. Buku Pedoman Guru Mengajar Tattwa.Proyek Pembinaan Mutu Pendidikan Agama Hindu dan Budha.

Pudja, I.G. 1985. Pengantar Agama Hindu Jilid I untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: CV Mayasari.

Puniatmadja, I B., O. 1992. Panca Sradha. Denpasar: Parisadha Hindu Dharma.

Pudja, I.G. 1994. Silakrama. Denpasar: Upada Sastra.

Semadi, A., A., G., P. 1992. Wiracarita. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu dan Budha dan Universitas Terbuka.

Subramanian, K. 2002. Mahabharata. Surabaya: Paramita.

Sudharta, T., R., I B. Oka Puniatmaja. 2005. Upadesa. Surabaya: Paramita.

Surayin, I A., P. 2005. Melangkah ke Arah Persiapan Upakara–Upacara Yadnya. Surabaya: Paramita.

Tim Penyusun. 1991. Kamus Bali – Indonesia. Dinas Pendiodikan Dasar Provinsi Bali.

Tim Penyusun. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Titib. I M. 2006. Veda Sabda Suci. Surabaya: Paramita.

Usman H., Setiadi Akbar Purnomo. 2004. Metodelogi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wahyudin, H., D. dkk. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yupardi, W., S. 2004. Disiplin dan Sadhana Spiritual. Surabaya: Paramita.

Zoetmulder, P., J. 1983. Kalanguan Sastra Jawa Kuna Selayang Pandang. Djambatan.

Zoetmulder, P., J. 2004. Kamus Jawa Kuna. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Published
2010-07-01
How to Cite
Gama, I. W. (2010). Nilai Pendidikan Agama Hindu dalam Wana Parwa. Lampuhyang, 1(1), 46-59. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v1i1.106
Section
Articles