Pola Asuh Orang Tua dan Sikap terhadap Budi Pekerti (Suatu Perspektif Pendidikan Agama Hindu)

  • I Nengah Dwi Endra Suanthara Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Sikap terhadap Budi Pekerti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pengaruh  pola asuh orang tua, dengan sikap terhadap budi pekerti siswa SMA Negeri 3 Singaraja. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan pendekatan emperik. Sampel penelitian ini sebanyak 49 orang yang diambil secara acak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pola Likert yang dimodifikasi menjadi 4 alternatif pilihan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata skor pola asuh orang tua sebesar 103,14 (53%) tergolong cukup baik,sedangkan sikap terhadap budi pekerti sebesar 111,12 (57%) tergolong cukup baik. 2)Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pola asuh orang tua dengan sikap terhadap budi pekerti siswa SMAN 3 Singaraja.Hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pendidikan dan pendidikan Agama Hindu, khusunya bagi para pendidik baik formal, non-formal dan informal. Secara praktis hasil penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembinaan dan peningkatan pola asuh orang tua, dan sikap terhadap budi pekerti siswa SMA Negeri 3 Singaraja.Terkait dengan hasil penelitian ini diajukan beberapa saran yang ditujukan kepada: (1) kepala sekolah SMA Negeri3 Singaraja, (2)bagi guru-guru Agama Hindu dan Bimbingan Konseling,dan (3)orang tua.Bagi yang bersangkutan hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan/keputusan yang lebih bijaksana dan bermanfaat bagi siswa, bangsa dan Negara.

References

Azwar Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Danah Zohar, Ian Marshall. 2002. SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan

Fung Daniel, Cai Yi-Ming. 2003. Mengembangkan Kepribadian Anak Dengan Tepat. Petunjuk Mengasuh Anak Usia 0-6 Tahun. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Ghozali, I. 2006. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square PLS. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.

Hadi, S. 1991. Analisis Butir untuk Instrumen Angket, Tes, dan Skala Nilai dengan Basica. Yogyakarta: Andi Offset

Mas Raka. 2002. Menjadi Orang Tua Mulia dan Berguna. Surabaya: Paramita.

Ma’Ruf Rokhmat Effendi. 2009. Penanaman Nilai-nilai Budi Pekerti. Media online, (akses tanggal 11 Mei 2011). http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.

Pendit, S. I Nyoman. 1991. Bhagavadgita. Jakarta: Yayasan Dharma Sarathi.

Roth, R. M. 1959. Role of Self-concept in Achievement. Journal of Experemental Education. 27. 265-261.

Subagiasta Ketut. 2008. Sraddha dan Bhakti. Surabaya. Paramita.

Sudharta, Rai,Tjok. 2004. Slokantara, Untaian Ajaran Etika Teks, Terjemahan dan Ulasan. Surabaya: Paramita.

Sudharta, Rai,Tjok. 2009. Sarasamuccaya Smerti Nusantara. Surabaya: Paramita

Titib I Made. 2006. Menumbuhkembangkan Pendidikan Budhi Pekerti Pada Anak. Perspektif Agama Hindu. Denpasar: Bali Post.

Wita I Wayan. 2007. Pemimpin dan Memimpin Bali. I Wayan Jondra, I Nengah Sujaya., editors. Kepemimpinan yang Balinese. Denpasar: Ikatan Alumni Universitas Udayana.

Zohar Danah, Ian Marshal. 2002. Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan Media Utama.
Published
2013-07-01
How to Cite
Endra Suanthara, I. N. (2013). Pola Asuh Orang Tua dan Sikap terhadap Budi Pekerti (Suatu Perspektif Pendidikan Agama Hindu). LAMPUHYANG, 4(2), 1-15. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v4i2.141
Section
Articles