Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Penggunaan Model Kooperatif Berbantuan Teknik KWL (Studi Pembelajaran Di Sekolah Dasar)

  • I Nyoman Sudirman Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Model Kooperatif, Prestasi Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab krisis pembelajaran pendidikan IPS yang disebabkan oleh kurangnya penelitian-penelitian yang mengacu pada penggunaan model-model pembelajaran yang melibatkan tenaga pendidik secara langsung sebagai patner kerja dalam rangka menambah wawasan dan kemampuan mereka dalam melaksanakan profesinya sebagai tenaga pendidik.Penelitian ini dilakukan pada SD Negeri 4 Kaliuntu Singaraja dengan melibatkan guru mitra secara langsung dalam iklim kerjasama yang kolaboratif. Penelitian ini  dilakukan dalam dimensi penelitian tindakan yang dilakukan secara daur ulang sebanyak tiga siklus. Penelitian ini berhasil mengungkap temuan penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik  KWL bahwa terjadinya peningkatan hasil prestasi IPS dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pre-tes dan post-tes yang diperoleh oleh siswa pada masing-masing siklus pembelajaran  yang dilaksanakan. Simpulan penelitian ini bahwa: penggunaan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan temuan penelitian, direkomendasikan agar model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL perlu terus ditingkatkan sosialisasi dan penggunaannya dalam pembelajaran di sekolah dasar sebagai upaya menunjang peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran IPS, sehingga mampu melahirkan warga negara yang mempunyai kemampuan, sikap, dan keterampilan sosial yang memadai dalam melakoni kehidupan bermasyarakat. Secara rinci penelitian ini merumuskan beberapa kesimpulan khusus dan rekomendasi aplikatif sebagai sumbangan bagi penggunaan penelitian sejenis selanjutnya.

References

Hopkins. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia: Open University Press.

Hanlon. (2003) Educational Inclusion As Action Research An Interpretive discourse. Open University Pres

Lasmawan. (1997). Pengembangan Model Belajar “Cooperative Learning” dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar (Studi Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD di Kota Bangli Propinsi Bali). (Tesis). Tidak Diterbitkan. Bandung.

Lasmawan. (2003). Teknik dan Strategi Penyususnan proposal PTK. Makalah di sampaikan pada Diklat PTK dan Inovasi Pembelajaran. Diselengnggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Jembrane pada Tanggal 9-14 2003

Suwarsih, Madya, dkk. (1994). Panduan Penelitian Tindakan. Jogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Jogyakarta.

Suparlan. (2005) Dehumanisasi Pendidikan. Tersedia Pada: http://www.suparlan.com/pages/posts/dehumanisasi-pendidikan42.php

Stringer. (2004). Action Reaseach In Education. Upper Saddle River, New Jersey Columbus, Ohoi

Suwarma Al Muchtar, (1991). Pengembangan Kemampuan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS (Disertasi) Tidak Diterbitkan. Bandung.

Wahab. (1986). Metodologi Pengajaran IPS. Jakarta: P2LPTK
Published
2013-07-01
How to Cite
Sudirman, I. N. (2013). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS melalui Penggunaan Model Kooperatif Berbantuan Teknik KWL (Studi Pembelajaran Di Sekolah Dasar). LAMPUHYANG, 4(2), 31-46. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v4i2.148
Section
Articles