Studi Evaluasi Pelaksanaan Program Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Pada Tiga Sekolah Menengah Pertama Yang Sebelumnya Menjadi Rintisan Program Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Di Kabupaten Jembrana)

  • I Putu Pranatha Sentosa Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Studi Evaluasi, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas implementasi program Manajemen Berbasis Sekolah di Kabupaten Jembrana dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan pengumpulan data pada 3 (tiga) SMP Negeri di Kabupaten Jembrana.Penelitian ini bersifat ex post facto. Data tentang efektivitas implementasi program Manajemen Berbasis Sekolah diambil dengan menggunakan kuesioner, wawancara, observasi dan dokumen.Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis secara deskriptif kuantitatif, sedangkan untuk data kualitatif (sekunder) yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumen dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan: (1) Nilai komponen konteks adalah sebesar 4.058. Dengan demikian efektivitas komponen konteks adalah Amat Baik.(2) Nilai komponen input adalah sebesar 4,047. Dengan demikian efektivitas komponen Input adalah Amat Baik, (3) Nilai komponen proses adalah sebesar 3,904. Dengan demikian efektivitas komponen proses adalah Baik.(4) Nilai komponen produk adalah sebesar 3,823. Dengan demikian efektivitas komponen produk adalah Baik, (5) kendala yang dihadapi dalam implementasi program MBS adalah terkait dengan pola pikir dari sebagian stakeholder yang tidak sungguh-sungguh menyikapi perubahan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan, (6)Upaya yang dilakukan dalam mengatasi masalah adalah dengan cara melakukan kerjasama antara sekolah dengan komite, dewan guru, orang tua siswa, dan tokoh masyarakat secara optimal.

References

Akbar, Raisul. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Pada SMA Negeri 1 Suka Makmur.http://www.raisulakbar.wordpress.com

Arikunto,Suharsimi. 1998. “Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek”. Jakarta. Rineka Cipta

Badan Standar Nasional Pendidikan.(2005). Standar Nasioanal Pendidikan.

BPPN dan Bank Dunia.1999. School Based Management. Jakarta. BPPN dan Bank Dunia.

Cakra, Nyoman.Studi Evaluatif Pelaksanan Program Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Di SLTP Negeri 1 Gerokgak.Tesis.Program pascasarjana.Universitas Pendidikan Ganesha.2003

Dantes, dkk, 2004. Dalam Muslich Mansur, 2007. KTSP.Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontektual. Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas sekolah. Ed. 1.Cet. 2. Jakarta: Bumi Aksara, 2007

Departemen Pendidikan dan Kebudayaaan. 1999. Panduan Manajemen Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Menengah Umum

Departemen Pendidikan Nasional, 2001.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 1 Konsep dan Pelaksanaan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama

Departemen Pendidikan Nasional, 2001.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 3 Panduan Monitoring dan Evaluasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama

Departemen Pendidikan Nasional, 2001.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah: Buku 4 Pedoman Tata Kerama dan Tata Tertib. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama

Departemen Pendidikan Nasional, 2007.Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dan Implementasi RPS. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama

Departemen Pendidikan Nasional, 2002.Panduan Pengembangan Sekolah. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama.

Departemen Pendidikan Nasional, 2008.Penerapan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta, Departemen Pendidikan Nasiaonal, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Departemen Pendidikan Nasional.2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buku 3 Panduan Monitoring dan Evaluasi. Jakarta. Depdiknas

Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Kebudayaan.2011. Kurikulum SMPN 1 Pekutatan Tahun Pelajaran 2011/2012(Dokumen 1).Jembrana.Depdiknas.

Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Kebudayaan.2011. Kurikulum SMPN 2 Melaya Tahun Pelajaran 2011/2012(Dokumen 1).Jembrana.Depdiknas.

Dinas Pendidikan Pemuda Olah Raga Pariwisata dan Kebudayaan.2011. Kurikulum SMPN 4 Negara Tahun Pelajaran 2011/2012(Dokumen 1).Jembrana.Depdiknas.

Marhaeni, A.A.I.N. 2007.Evaluasi Program Pendidikan.Singaraja.aprogram Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Nuratna, I Wayan.Studi Evaluasi Pelaksanaan Program Sekolah Standar Nasional (SSN) Di Kabupaten Gianyar.Tesis.Universitas Pendidikan Ganesha.2009.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2005. Jakarta: Lembaran Negara

Purnajaya, I Nyoman.Studi Evaluatif pelaksanaan program peningkatan mutu SMA Negeri 1 Denpasar menuju sekolah bertaraf internasional.Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha.2008

Notoatmojo.Soekidjo,1991,Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cet II. Jakarta. PT Rineka Cipta

Sriati, Ida Ayu. Studi evaluatif tentang kemampuan guru menyusun tes ujian akhir sekolah dasar di kota Denpasar.Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha.2004
Published
2013-07-01
How to Cite
Sentosa, I. P. (2013). Studi Evaluasi Pelaksanaan Program Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Pada Tiga Sekolah Menengah Pertama Yang Sebelumnya Menjadi Rintisan Program Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah Di Kabupaten Jembrana). LAMPUHYANG, 4(2), 63-78. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v4i2.152
Section
Articles