Determinasi Kultur Sekolah, Disiplin Belajar, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa

  • Ni Nyoman Lisna Handayani Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: kultur sekolah, disiplin belajar, motivasi berprestasi, prestasi belajar Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi kultur sekolah, disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesiasiswa kelas VI SD Segugus VI Kecamatan Kubu. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah sampel133 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner dan dokumentasi, analisis data dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat determinasi yang signifikan antara kultur sekolah terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi sebesar 0,373 dan sumbangan efektifnya sebesar 7,24%, 2) terdapat determinasi yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi sebesar 0,379 dan sumbangan efektifnya sebesar 11,28%, 3) terdapat determinasi yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi sebesar 0,372 dan sumbangan efektifnya sebesar 10,57%, 4) secara bersama sama, terdapat determinasi yang signifikan antara kultur sekolah, disiplin belajar, dan  motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,539 dan kontribusinya sebesar 29,1% terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesiadi SD Segugus VI Kecamatan Kubu.

References

Arikunto,S. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Ayu Suniadi, Ni Nyoman. 2013.Analisi Determinasi Disiplin Belajar, Ekspektasi Karir, Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa SMP Kelas VII SMP Negeri 3 Kediri. E-Journal Program Pascasarjana Undiksha, Program Studi Administrasi Pendidikan, Volume 4, No 1 tahun 2013.

Candiasa, I Made. 2011. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Undiksha Press.

Kantun Toni, I Wayan. Determinasi Konsep Diri, Motivasi Berprestasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil BelajarIPA SD Se-Kecamatan Buleleng. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Volume 3 Tahun 2013.

Kartika R, Ni Ketut. Determinasi Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar dan Kualitas Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. E-Journal Program Pascasarjana Undiksha, Program Studi Administrasi Pendidikan, Volume 4, No 1 tahun 2013.

Qondias,D. 2012. Determinasi Ketahanmalangan dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi dalam Kaitannya Dengan Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMPN 3 Singaraja. Tesis: Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Sari, Ni Wayan. 2012. Kontribusi Motivasi Berprestasi, Sikap Terhadap Pelajaran Dan Kemampuan Guru Mengelola PBM Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Studi Tentang Persepsi Sisa SMP N 2 Bebandem). Tesis : Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sumadi Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
Published
2019-07-01
How to Cite
Handayani, N. N. (2019). Determinasi Kultur Sekolah, Disiplin Belajar, dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa. LAMPUHYANG, 10(2), 11-25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v10i2.179
Section
Articles