Pembelajaran Era Disrupsi Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar)

  • Ni Nyoman Lisna Handayani Stkip Agama Hindu Amlapura
  • Ni Ketut Erna Muliastrini Stkip Agama Hindu Amlapura
  • Putu Bayu Ariska Putra Gotama Stkip Agama Hindu Amlapura
  • Ni Made Karnitawati Stkip Agama Hindu Amlapura
Keywords: Revolusi Industri, Society 5.0, Pendidikan Dasar

Abstract

Era revolusi industri 4.0 dikenal juga dengan istilah era disruptif. Kehadiran era
ini menimbulkan manfaat dan juga dampak terhadap tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan.
Untuk mengurangi dampak negatif dan sekaligus mengotimalkan manfaatnya, para
ilmuwan di dunia yang dipelopori oleh ilmuwan Jepang, menawarkan konsep masyarakat
5.0. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis esensi pembelajaran di era disruptif menuju
masyarakat 5.0 dalam perspektif pendidikan dasar. Pendekatan dilakukan melalui telaah
terhadap sejumah bahan pustaka, dokumen kebijakan pendidikan nasional, publikasi hasil
penelitian dan pendapat para tokoh dunia, yang mengkaji konsep perkembangan revolusi
industri tahap awal sampai dengan revolusi industry 4.0, sampai munculnya gagasan
membangun masyarakat 5.0. Hasil studi menunjukkan, perlunya meningkatkan peran
teknologi dalam revolusi industry 4.0 untuk membangun tatanan kehidupan manusia yang
lebih sejahtera dan beradab, sebagaimana ditunjukkan dalam model masyarakat 5.0. Secara
khusus untuk masyarakat Indonesia, perlu menyesuaikan pola pembelajaran yang relevan,
agar siap memasuki era revolusi industry 4.0 dan masyarakat 5.0. Dalam perspektif
pendidikan dasar, kebijakan reformasi pendidikan dalam delapan standard nasional
pendidikan perlu mendapat penguatan dalam implementasinya. Perlu dibangun paradigma
baru manajemen pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan kecerdasan buatan,
untuk mendukung terselenggaranya system pembelajaran di era revolusi industry 4.0.

References

Chesser, L. (2013). Modern Trends in
Education: 50 Different Approaches
To Learning. Teachthought.

Davies R. (2015). Industry 4.0;
Digitalisation for productivity and
growth. Eur Parliam Res Serv.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming
for a New Human-Centered Society.
Japan SPOTLIGHT, 47-50.

Hayao, K. (2014). The Japanese prime
minister and public policy.
University of Pittsburgh Pre.
Keidanren (Japan Business
Federation). November 8, 2017.
http://www.keidanren.or.jp/
en/policy/csr/

Yoshimasa Hayashi, (2018). Science and
Technology: Aiming for policy
research that evolves along with the
formation of science and technology
innovation policy-The 30th
anniversary magazine of the Institute
of Science and Technology Policy
Published
2021-01-01
How to Cite
Handayani, N. N., Muliastrini, N. K., Putra Gotama, P. B., & Karnitawati, N. M. (2021). Pembelajaran Era Disrupsi Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). LAMPUHYANG, 12(1), 79-91. Retrieved from https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/252
Section
Articles