Penggunaan Animasi “Mang & Ming” Melalui Konsep 5M Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Laundry di SMK Negeri 1 Bebandem pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

  • I Nyoman Duwika Adi Ana STAH LAMPUNG
Keywords: Animasi “Mang & Ming”, 5M merdeka belajar, motivasi belajar

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Laundry di SMK
Negeri 1 Bebandem melalui penggunaan animasi “Mang & Ming” dengan konsep 5M
Merdeka Belajar. Penelitian ini dilatari oleh banyak kendala yang ditemukan dalam
proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1
Bebandem. Kendala tersebut seperti sinyal internet yang sulit, kuota paket internet yang
terbatas dan beberapa siswa merasa bosan belajar pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).
Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa khususnya di kelas XI. Ph 1.
Animasi “Mang & Ming” melalui konsep 5M merdeka belajar adalah solusi yang tepat
digunakan dalam permasalahan belajar di kelas XI.Ph 1 SMK Negeri 1 Bebandem pada
Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Animasi merupakan media yang menarik dan efektif
digunakan untuk menyapaikan materi pelajaran dan didukung dengan konsep 5M
merdeka belajar yang terfokus pada pembelajaran yang berorientasi pada kondisi belajar
siswa di masa pandemi covid-19. Hasil penelitian pada siklus I terjadi peningkatan
motivasi belajar siswa dari 67% menjadi 70%. Karena belum mencapai kriteria
keberhasilan yaitu ≥71% maka penelitian dilajutkan ke siklus II. Pada siklus II kembali
terjadi peningkatan dari 70% di siklus I menjadi 73% di siklus II. Dengan hasil ini dapat
disimpulkan animasi “Mang & Ming” melalui konsep 5M merdeka belajar mampu
meningkatkan motivasi belajar siswa XI.Ph 1 di SMK Negeri 1 Bebandem.

References

Alannasir, W. 2016. Pengaruh
Penggunaan Media Animasi
Dalam Pembelajaran Ips. Journal
of EST, 2(3), 81–90.

Kristiana, N. 2012. Pengaruh Game
Online Sara's Cooking Class
terhadap Minat dan Motivasi
Belajar Siswa Kelas X Jasa Boga
pada Mata Pelajaran Pengolahan
Makanan Kontinental di SMK N 1
Sewon. Skripsi (tidak diterbitkan).
Universitas Negeri Yogyakarta.

Maurensyiah. 2020. Pembelajaran
Jarak Jauh dengan 5M.
https://blog.kampusgurucikal.com/
pembelajaran-jarak-jauh/

Saleh, M. 2020. Merdeka Belajar di
Tengah Pandemi Covid-19.
Prosiding Seminar Nasional
Hardiknas, 51–56.

Sri, H. 2017. Penggunaan Video
Animasi Sebagai Media. Fakultas
Tarbiyah dan keguruan Universitas
Islam Negeri Ar-Raniry
Darussalam-Banda Aceh.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Alfabeta.

Utami, D. 2011. Efektifitas Animasi
Dalam Pembelajaran. Majalah
Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44–52.
Published
2021-01-01
How to Cite
Adi Ana, I. N. (2021). Penggunaan Animasi “Mang & Ming” Melalui Konsep 5M Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Laundry di SMK Negeri 1 Bebandem pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). LAMPUHYANG, 12(1), 107-121. Retrieved from https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/255
Section
Articles