Upaya Meningkatkan Kesiapan Calon Guru Agama Hindu dalam Mengimplementasikan Medode Pembelajaran Agama melalui Drill

  • I Ketut Seken STKIP AGAMA HINDU AMLAPURA
Keywords: kesiapan guru, drill, metode pembelajaran agama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan calon  guru Agama Hindu dalam mengimplementasikan metode pembelajaran agama. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP Agama Hindu Amlapura dengan menyasar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Hindu. Data dikumpulkan dengan metode observasi, selanjutnya dianalisis secara kuantitatif untuk mengukur kesiapan calon guru dala mengimplementasikan metode pembelajaran agama. Hasilnya adalah dalam proses pembinaan ternyata dapat meningkatkan kesiapan calon guru Pendidikan Agama Hindu dalam mengimplementasikan metode pembelajaran agama. Sebagai buktinya, pada siklus I, kesiapan calon guru Pendidikan Agama Hindu secara klasikal tergolong cukup siap dengan skor rata-rata sebesar 17,14; sedangkan persentase jumlah calon guru yang tergolong siap secara individual sebesar 28,57% atau hanya 2 (dua) orang calon guru yang tergolong siap. Sementara itu, pada siklus II, secara klasikal kesiapan calon guru Pendidikan Agama Hindu secara klasikal tergolong siap dengan skor rata-rata sebesar 19,29 dan persentase jumlah calon guru yang tergolong siap sebesar 71,43% atau sejumlah 5 orang calon guru yang tergolong siap.

References

Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Intermasa.

Bahrin. 2006. Macam-Macam Metode Pengajaran. Bandung: Angkasa

Kardi, S. dan Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Surabaya: University Press.

Nana Sudjana. 1995. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

-------. 2008. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Ranaja Rosdakarya.

Rusman, 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Kencana

Sujana, Susila. 2007. Kesatuan Tafsir Terhadap Aspek-aspek Agama Hindu. Surabaya : Paramita.

Susilo, Joko. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Syaiful, Sagala. 2003. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. 2008. Sistem Pendidikan Nasional.
Published
2021-07-01
How to Cite
Seken, I. K. (2021). Upaya Meningkatkan Kesiapan Calon Guru Agama Hindu dalam Mengimplementasikan Medode Pembelajaran Agama melalui Drill. LAMPUHYANG, 12(2), 106-120. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.275
Section
Articles