Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Ahievment Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika

  • Ni Ketut Putri SDN 2 Subagan
Keywords: Prestasi Belajar, Matematika, Saintifik, STAD

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajr matematika siswa kelas IV yang dicirikan dengan banyaknya siswa yang nilainya belum mencapai KKM yang telah ditentukan sebesar 60. Berdasarkan permasalahan tersebut maka adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar matematika siswa  kelas III Negeri 2 Subagan tahun pelajaran 2018/2019 dengan pendekatan saintifik dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD? Tujuan penelitian ini mendeskripsikan  prestasi belajar siswa dengan penggunaan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penilitian PTK yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap sikulus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kela IV Sekolah Dasar Negeri 2 Subagan tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 10 siswa. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes yang berbentu objektif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pendekatan sainstifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan prestasi belajar. Berdasarkakan hasil tersebut maka dalam penelitian ini dapat diajukan beberapa saran sebagai berikut: 1) kepada guru agar dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan metode STAD 2) Bagi yang berminat untuk mengadakan penelitian yang lebih lanjut agar memperhatikan kendala-kendala yang peneliti alami sebagai bahan pertimbangan untuk penyempurnaan penelitian yang dilaksanakan.

References

Agung, G. 1999. Metodologi Penelitian Tindakan. Singaraja: Sekolah Tinggi
Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Abdul, 2002. Memahami dan Menangangi Siswa Dengan Problem Dalam Belajar. Pedoman Guru, Jakarta, Proyek Peningkatan Mutu SLTP Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.\

Anderson, Orin W. 2001. A Taxonomy for Learning, Teacning, And Assessing. New York : Longman
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

-------. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : BSNP
Dantes, Nyoman. 2008. Kurikulum tingkat satuan pendidikan dan inovasi pembelajaran dalam kaitannya dengan pembaharuan sistem pemdidikan(disampaikan dalam lokakarya pengembangan pendekatan pembelajaran pada para guru di kabupaten buleleng5 Oktober 2008).Program Pasca Sarjana UNDIKSHA Singaraja. (tidak diterbitkan)

Dantes, Nyoman. 2009. Pengembangan Kompetensi profesional guru(disampaikan pada seminar pendidikan di SD santo yoseph 1 denpasar Pada tanggal 25 juli 2009). Program Pasca Sarjana UNDIKSHA Singaraja. (makalah seminar tidak diterbitkan)
Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi, Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Dimyati, Moedjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Djamarah. S.B, Zain, A. 2002. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Rineka Cipta


Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. 2003.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. 2005.
Direktorat Pembinaan Akademik dan Kepeserta didikan Ditjen Dikti Depdiknas. (2005). Tanya Jawab Seputar Unit Pengembangan Materi dan Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jakarta.
Miarso, Yusufhadi.(2004). Menyemai benih Teknologi Pembelajaran. Jakarta : Pustekkom Diknas & Kencana. .
Purwanto. 2008. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : Refika Aditama.
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta :Depdiknas R.I.
Salaim, Agus. 2006. Teori dan Padadigma penelitian Sosial edisi kedua. Yogyakarta:Ttiara Wacana.
Sanjaya, wina. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran (Teori praktek pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan). Jakarta : Kencana prenada media grup.

Sanjaya, wina. 2009. Srategi Pembelajaran Berorientasi Satandar Proses pendidikan. Jakarta : Kencana prenada media grup.

Slavin, 2005. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung : Alfabeta


Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Published
2021-07-01
How to Cite
Putri, N. (2021). Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Ahievment Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Lampuhyang, 12(2), 1-16. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.278
Section
Articles