PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUBAGAN
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 2 Subagan bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan Saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa bagi siswa kelas IV pada SD Negeri 2 Subagan Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian pada data kognitif pada siklus I menunjukkan bahwa dari 17 siswa ada 2 siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran presentase anak yang tidak tuntas adalah 11,76%, sedangkan siswa yang tuntas berjumlah 15 orang dengan presentase 88,24% nilai modus pada siklus I adalah 60. Pada siklus II tidak ada siswa yang tidak tuntas dan siswa yang tuntas dalam pembelajaran berjumlah 17 orang sehingga yang tuntas 100% dengan nilai modus siklus II nya adalah 70.
References
Andang Ismail. (2006). Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.
Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Arsyad, A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asrining Surasmi,Wuwuh.2019. Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Artikel : Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya
Budiningsih, A. 2006. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Devi, P. P., R. Sofiraeni, & Khairuddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Bandung: PPPPTK IPA.
Dimyati dan Mudjiono.2006. Belajar dan Hasil Belajar.Jakarta: Rineka Cipta
Ihsan, Fuad.2008. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
John M Echols dan Hasan Shadily. 2000 Kamus Inggris Indonesia An English-Indonesia Dic tionary. Jakarta :PT Gramedia
Kaymacki, S. 2012. A Review of Studies on Worksheets in Turkey. Jurnal of US-China Education. Hal 57-64.
Lazim 2013. Pendekatan Sientifik Learning. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Mulyono, P. 2007. Kegiatan Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP. Hlm. 14-23.
National Council of Educational Research and Training. 2006. National Focus Group on Teaching Science. Newdelhi P. Rajakumar.
Nurkancana dann Sunartana. 1992. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sukmaningtyas. 2011. Penerapan Pendekataqn Saintifik pada Pembelajaran IPA TERPADU Di SMP Negeri 2 Pangkah Kabupaten Tegal. Skripsi.Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Trianto, 2012. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Srategi, dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta :Bumi Aksara.
Trianto. 2009. Model Mendesain Pembelajaran Inovatif- progresif. Kencana:Jakarta.
Wiyanto. 2015. Menyiapkan Guru Sains Mengembangkan Kompetensi Laboratorium. Semarang: UNNES Press.
Yamin, Martinis. 2011. Pragdima Baru Pembelajaran.GP press: Jakarta.
Yildrim, N., S. Kurt, & A. Ayas. 2011. The Effect Of The Worksheets On Students Achievement In Chemical Equilibrium. Journal Of TurkishScience Education Vol. 8. Hlm 45-58.
Copyright (c) 2022 LAMPUHYANG

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.