PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI LITERASI SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI TENGAH PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menerapkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi literasi saintifik untuk pembelajaran IPA SD. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Insan Mandiri Karangasem Tahun Akademik 2019/2020 yang berjumlah 38 orang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan lembar kegiatan peserta didik berorientasi literasi saintifik sesuai tahap inti pendekatan saintifik, yang telah ditinjau dan dinilai oleh para pakar. Pelaksanaan menunjukkan bahwa literasi saintifik siswa belum dilatih secara optimal, walau rancangan lembar kegiatan literasi saintifik ini dapat ditanggapi oleh siswa selama pembelajaran jarak jauh.
References
Cronbach, L. J. (1951, Februari 28). Coefficient Alpha and the Internal Structure of Tests. Psychometrika 16, 297–334.
Fadhilaturrahmi. (2017). Lingkungan Belajar Efektif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 1(2), 76-84
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education (Edisi Kedelapan ed.). (S. Kiefer, Penyunt.) New York City: McGraw-Hill Companies.
Gold, L., & Maitland, C. (1999). What's the difference? A review of contemporary research on the effectiveness of distance learning in higher education. Washington: Institute for Higher Education Policy.
Holmberg, B. (2005). The Evolution, Principles and Practices of Distance Education. Oldenburg : Bibliotheksund Informationssystem
der. Carl von Ossietzky Universität Oldenburg.
Hui, D. S., E., I. A., Madani, T. A., Ntoumi, F., Kock, R., Dar, O., et al. (2020, Februari). The continuing 2019-nCoV epidemic threat of novel coronaviruses to global health—The latest 2019 novel coronavirus outbreak in Wuhan, China. International Journal of Infectious Diseases, 91, 264–66.
Kemendikbud. (2020, Maret 16). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan. Dipetik April 13, 2020, dari LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara: https://lldikti1.ristekdikti.go.id/berkas/semendikbud032020pencegahanco rona.pdf
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.
Roshayanti, F. (2019). Desain Pembelajaran Sekolah Dasar. (A. R. Setiawan, Pewawancara.
Simonson, M. (2019). Distance Learning Journal (Book 2) (Vol. 16). Charlotte: Information Age Publishing.
UNESCO. (2020). 290 million students out of school due to COVID-19: UNESCO releases first global numbers and mobilizes response. Dipetik April 13, 2020, dari UNESCO: https://en.unesco.org/news/290- million-students-out-school-duecovid-19-unesco-releases-firstglobal-numbers-and-mobilizes
Copyright (c) 2022 LAMPUHYANG

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.