IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN SATYAM SIWAM SUNDARAM UNTUK MENGUKIR PRESTASI SEKOLAH DAERAH PINGGIRAN DI SMA NEGERI 1 BEBANDEM

  • I Ketut Marta Ariana SMA Negeri 1 Bebandem
Keywords: Satyam, Siwam, Sundaram, Prestasi Sekolah,

Abstract

  . artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kepemimpinan  Satyam Siwam Sundaram untuk mengukir prestasi sekolah daerah pinggiran di SMA Negeri 1 Bebandem. Pada dasarnya, prestasi dapat diraih dengan cara-cara benar (satyam), penuh kebajikan (siwam), dan memetik keharmonisan & kedamaian (sundaram). Model kepemimpinan yang memiliki nilai religius dan sosial dan budaya Bali adalah kepemimpinan yang dilandasi sayam siwam sundaram. Pengelolaan pendidikan yang baik tentunya selalu diharapkan dilaksanakan dengan cara-cara benar (satyam), diperoleh dengan budaya berprestasi penuh kebajikan (siwam) dan dan menghasilkan hasil yang penuh keindahan (sundaram). Kepemimpinan kearifan lokal satyam, siwam,sundaramstrategi pertama dan paling menentukan untuk dipilih dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Pendekatan nilai satyam, siwam, sundaram bertujuan untuk menuntun dan mengarahkan anggotanyamenuju masyarakat belajar yang dilandasisatyam, siwam, sundaram. Untuk mencapai tujuan yang yang sudah dirumuskan, ditetapkan prioritas pengembangan SMA Negeri 1 Bebandem, lima tahun ke depan sebagai berikut: 1) modernisasi sekolah dan fasilitas serta pengembangan jaringan ICT 2) penataan kelembagaan dan sistem manajemen SMA Negeri 1 Bebandem 3) pengembangan usaha koperasi sekolah dan kantin sekolah, Simpan pinjam guru dan tenaga tat usaha 4) pengembangan halaman sekolah dengan dengan pendekatanTri Hita Karana dan penanaman tanamantaru premana untuk menjadikan sekolah harmonis, indah dan damai.

References

Ariana, I Ketut Marta, 2011, Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dan Satyam Siwam Sundaram di SMA Negeri 1 Bebandem, Karangasem,

LAMPUHYANG Vol. 13 No.1 Januari 2022 p-ISSN : 2087-0760; e-ISSN: 2745-5661 Perpustakaan SMAN 1 Bebandem (tidak dipublikasikan)

Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Depdiknas. 2005a. Praktek Baik dalamPenjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Buku V: Prasarana dan Sarana. Jakarta: Depdiknas

Dwija Ida Begawan, Satyam, Siwam, Sundaram Menuju Moksartham Jagadhita http://stitidharma.org/satyam-siwam-sundaram-untuk-menuju-moksartham-jagadhita-the-points/ diakses tanggal 1 Pebruari 2015)

Ida Pandita Nabe Sri Bhagawan Dwija Warsa Nawa Sandhi, 2003http://www.babadbali.com/pustaka/ibgwdwidja/ss26.htm , diakses 28 Januri 2015)

Kasturi, 2000, Kebenaran-Kebajikan-Keindahan dalam http://pustakasai.net/wp-content.pdf

Kemendikbud. 2014. Pedoman Lomba Penulisan Best Practice Guru Dalam Tugas Pembelajaran di Sekolah, Jakarta : Kemdikbud.

Kemendikbud. 2015. Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah SMA/MA Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015, Jakarta : Kemendikbud

Mujab, 2015. Astha Brata: Konsep Ideal Seorang Pemimpin http://politik.kompasiana.com/2015 /02/07/astha-brata-konsep-ideal-seorang-pemimpin-700411.html diakses 1 Pebruari 2015

Mulyasa, E., 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi,Bandung:Remaja Rodaskarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor. 24 Tahun 2007 Tanggal 28 Juni 2007, Standar Sarana dan Prasarana untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan Sekolah Menegah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA), Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sophia, S., 2002, Petunjuk Sitasi Serta Cantuman daftar Pustaka Bahan Pustaka Online, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Departemen Pertanian, Bogor

Sudira, I Ketut, 2014. Perguruan Tinggi Unggul Berbasis Tri Hita Karana, Singaraja: Makalah Seminar Undiksha, disajikan 7 Mei 2014.

Suharsimi Arikunto 1993, Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, (Jakarta: PT GrafindoPersada, 1993) Tim Penyusun Pedoman Pembakuan Media Pendidikan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safrudin Abdul Jabar, 2004, Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis bagi Praktisi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Suja, I Wayan, 2003, “Perkembangan Agama Hindu di Indonesia” dalam Sejarah, Teologi dan Etika Agama-Agama, Interfidei, Yogyakarta

Sukmadinata, Nana Syaodih (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung Remaja, Rosdakarya.

Tim Pengembang Kurikulum SMAN 1 Bebandem, 2011, Kurikulum SMAN 1 Bebandem Tahun Pelajaran 2014/2015, Perpustakaan SMAN 1 Bebandem.

Titib I Made, 2007, Satyam Siwam Sundaram dalam (http://www.satyamsivamsundaram.net diakses 28 Januri 2015)

Wiana I Wayan, 2010, Makna Kata Dari Satyam, Siwam dan Sundaram (Budaya Bali Post - Minggu, 20 Juni 2010 http://www. parisada.org/ diakses 28 Januri 2015)

Published
2022-01-01
How to Cite
Ariana, I. K. (2022). IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN SATYAM SIWAM SUNDARAM UNTUK MENGUKIR PRESTASI SEKOLAH DAERAH PINGGIRAN DI SMA NEGERI 1 BEBANDEM. LAMPUHYANG, 13(1), 1-17. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.295
Section
Articles