Determinasi Model Rekonstruksi Sosial Vigotsky Berbasis Teknik Scaffolding terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar IP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model rekonstruksi sosial Vygotsky dengan teknik scaffolding terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. Rancangan penelitian ini menggunakan pola dasar The Posttest Only Control Group dengan jenis eksperimen semu. Sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Data yang dikumpulkan adalah sikap sosial dan hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, sikap sosial siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial Vygotsky teknik scaffolding secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F = 25,108; p < 0,05). Kedua, hasil belajar IPS siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial Vygotsky teknik scaffolding secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional (F = 36,555; p < 0,05). Ketiga, secara simultan sikap sosial dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model rekonstruksi sosial Vygotsky teknik scaffolding secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (F = 28,95; p < 0,05).
References
Dahar, Ratna Wilis. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dantes, Nyoman. 2008. Pendidikan Teknohumanistik (Suatu Rangkian Persspektif dan Kebijakan Pendidikan Mengahadapi Tantangan Global). Makalah. Disajikan pada Seminar Pendidikan, Tanggal 22 Juli 2008 di Singaraja.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Dimyati & Mudjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Hasil belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Erawan, Wahyu. 2013. “Pengaruh Model Rekonstruksi Sosial Teknik Scaffolding terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil belajar Siswa”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, Volume 3, No. 1 Tahun 2013.
Koes-H, Supriyono. 2012. “Pengaruh Strategi Scaffolding-Kooperatif dan Pengetahuan Awal terhadap Hasil belajar dan Sikap pada Matakuliah Fisika Dasar”. e-Journal Penelitian Jurusan Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Tahun 2012.
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS dalam Perspektif Kontekstual-Empiris. Bali: Mediakom Indonesia Press Bali.
Lasmawan, Wayan. 2012. “Rekonstruksi Ontologi, Aksiologi, dan Epistemologi Pendidikan IPS Sekolah Dasar: Pengembangan Model Kurikulum Alternatif Berbasis Teori Rekonstruksi Sosial Ala Vygotsky”. Artikel Dosen Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Copyright (c) 2023 LAMPUHYANG

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.