Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Teknik Know Want Learned (KWL) terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Sikap Demokrasi Siswa SD Kelas V Pada Gugus II Kecamatan Karangasem

  • Wayan Yanik Yasmini
  • Ida Ayu Eka Damayanti STKIP Agama Hindu Amlapura
Keywords: model pembelajaran kooperatif, teknik know want learn, sikap demokrasi, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik know want learn terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari sikap demokrasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Karangasem yang berjumlah 104 siswa. Sebanyak 38 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data sikap demokrasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, Terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan sikap demokrasi siswa terhadap hprestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Gugus II Karangasem. Ketiga, Hasil belajar siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL lebih baik daripada siswa yang mengikuti pelajaran dengan model konvensional. Kempat, Untuk siswa yang memiliki Sikap demokrasi rendah, tidak terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Karangasem.

References

Azis, W. 1989. Evaluasi Pengajaran PMP. Bandung: Lab. PMIPS IKIP Bandung.
Buddhi. J. 2007. Manajemen Pembelajaran Berbasis KWL dan Kecerdasan Linguistik dalam Pencapaian Prestasi belajar Menulis Teks Argumentasi dan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Ajaran 2006/2007. Tesis. Program Pascasarjana Undiksha Singaraja.
Citra. C. 2011. Penerapan Strategi KWL untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada siswa Kelas III SDN Banjar Sengon 02, Kabupaten Jember.
Dantes. N. 2001. Cara Pengujian Alat Ukur. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Dantes, N. 2006. Memperkuat simpul pendidikan demokrasi dan profesionalisme guru (makalah) disampaikan pada seminar Jurusan IPS Fakultas PIPS Undiksha. Singaraja: Jurusan IPS Undiksha.
Dantes, N. 2012. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta : Andi Offect.
Dantes, N. 2008a. Pendidikan Teknohumanistik (Suatu Rangkian Persspektif dan Kebijakan Pendidikan Mengahadapi Tantangan Global). Makalah Disampaikan Pada Seminar Pendidikan Diselenggarakan oleh S2 Pendas PPs Undiksha 22 Juli 2008.
Dantes, N. 2008b. Pengembangan Model Pendidikan Multikultur dalam Pembelajaran IPS-SD. (laporan penelitian). Singaraja: Undiksha. Tidak Diterbitkan.
Darwan R. 2003. Paradigma Baru Ilmu Pengetahuan sosial &Humaniora. Jakarta: PT. Mizan Publika.
Dwi, S. 2011. Strategi Known Want to Learn ( KWL ) untuk Meningkatkan Ketrampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD 3 Cingkorong, Purwodadi Grobogan. Tesis. Program Pascasarjana Unesa, Jawa Timur.
Etin, S. & Raharjo. 2007. Cooperative Learning; Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta; PT. Bumi Aksara.
Koyan. 2007. Asesmen Dalam Pendidikan. Makalah.Singaraja: Undhiksa Singaraja.
Lasmawan, W. 1997. Pengembangan Model Belajar “Cooperative Learning” dalam Pembelajaran IPS di Pendidikan dasar (Studi Pembelajaran Pada Siswa Kelas V SD di Kota Bangli Propinsi Bali). (Tesis). Tidak Diterbitkan. Bandung.
Lasmawan, W. 2008. Pengembangan model pendidikan berdemokrasi dalam pembelajaran PIPS di Sekolah Dasar. (Laporan Penelitian). Singaraja: Lembaga Penelitian IKIP Negeri Singaraja.
Lasmawan, W. 2009a. Meretas Keindonesiaan dalam Bingkai Tirani Minoritas. Orasi Pengenalan Jabatan Guru Besar Tetap Undiksha, Disampaikan dalam Sidang Terbuka Senat Undiksha, 31 Oktober 2009.
Lasmawan, W. 2009b. Rekonstruksi Kompetensi Ke-IPS-an Berdasarkan Formula Rekonstruksi Sosial Vygotsky untuk Memfungsionalkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan IPS Sekolah Dasar. Laporan Penelitian Hibah Kompetensi Batch II tahun ke-1. Singaraja: Lembaga Penelitian Universitas Pendidikan Ganesha.
Lasmawan, W. 2010. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang Inovatif. Singaraja: Undiksha.
Lasmawan, W. 2012. Rekonstruksi Ontologi, Aksiologi, dan Epistemologi Pendidikan IPS Sekolah Dasar: Pengembangan Model Kurikulum Alternatif Berbasis Teori Rekonstruksi Sosial Ala Vygotsky. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Marhaeni, A.A.I.N. 2004. Portofolio Dalam Pembelajaran Suatu Pendekatan Asesmen Berbasis Kompetensi. Makalah. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.
Marhaeni, A.A.I.N. 2005. Pengaruh KWL dan Motivasi Berprestasi Dalam Belajar Bahasa Inggris terhadap Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris. Disertasi. Universitas Negeri Jakarta.
Purnomo, A. 1999. Sikap demokratis siswa sekolah menengah umum di Yogyakarta.Tesis Master, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Ruseffendi. 1993. Pengajaran IPS Modern untuk Orang Tua, Guru, dan SPG.Bandung: Tarsito.
Samawi. 1995. Konsep demokrasi dalam pendidikan menurut progresivisme John Dewey. Tesis master, tidak diterbitkan, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Sathl, R. J. 1994. Cooperative Learning in social Studies: Hand Book for Teachers. USA: Kane Publishing Service, inc.
Sihabuddin R. 2002. Pendidikan demokrasi melalui pengelolaan asertivitas dan atribusi siswa terhadap sikap dan perilaku berdemokrasi : studi pengembangan pendekatan pendidikan demokrasi untuk sekolah lanjutan tingkat pertama di kecamatan lembang, kabupaten bandung. Jurnal Pendidikan Program Pascasarjana UPI, 1, 140-158.
Sumantri, E. 2006. Desentralisasi Pendidikan dan Wacana Demokrasi dalam Konteks Pendidikan Nasional (Makalah). Disajikan pada Seminar Sehari Lembaga Penelitian UPI Bandung. Bandung: PPS UPI.
Sudarmawan.D. 2003. Agenda Pembeharuan Sistem Pendidikan , Bengkulu: Pustaka Pelajar.
Published
2023-01-01
How to Cite
Yanik Yasmini, W., & Damayanti, I. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Teknik Know Want Learned (KWL) terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Sikap Demokrasi Siswa SD Kelas V Pada Gugus II Kecamatan Karangasem. LAMPUHYANG, 14(1), 86-104. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i1.332
Section
Articles