Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengelola Kelas Mahasiswa Keguruan melalui Simulasi
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengelola kelas mahasiswa semester V Prodi PGSD dalam matakuliah Pengelolaan Kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan dengan dua siklus dan tiap siklus terdiri atas empat tahapan, yakni perencanaan, pelaksanaan, evaluasi/observasi, dan refleksi. Data diolah dengan cara dekriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan simulasi dapat meningkatkan keterampilan mengelola kelas mahasiswa semester V Prodi PGSD STKIP Agama Hindu Amlapura. Pada siklus I, nilai rata-ratanya 72,62 dengan persentase ketercapaian 73,08% menjadi 77,08 dengan persentase ketercapaian 92,31%. Peningkatan tersebut terjadi karena berbagai keunggulan dalam kegiatan pelaksanaan tindakan. Pertama, mahasiswa semakin antusias mengikuti kegiatan simulasi karena teman-temannya sangat optimal memerankan diri sebagai siswa. Kedua, mahasiswa mendapat pengalaman dari rekan-rekan sejawat yang telah melakukan simulai lebih dahulu. Ketiga, mahasiswa dapat sharing pengetahuan dan pengalaman kepada teman-temannya. Keempat, persiapan mahasiswa dalam mengikuti kegiatan simulasi juga optimal sehingga saat kegiatan pengelolaan kelas mahasiswa menjadi semakin siap. Oleh karena itu, direkomendasikan bahwa metode simulasi efektif digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang melatih atau mengasah keterampilan siswa, salah satunya adalah keterampilan mengelola kelas.
References
Aril, Zainal. 2010. Micro Teaching. Jakarta: Raja Grafindo Persada Azwar, S. 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Pustaka Belajar.
Darmadi, Hamid. 2009. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung:Alfabeta
Juliantari, Ni Kadek. 2010. Strategi Pembelajaran. Amlapura: STKIP Agama Hindu Amlapura.
Marno, dkk. 2008. Strategi dan Metode Pengajaran.Jogjakarta: Aruzzmedia
Rusman, 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Supriyadi.2011. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Cakrawala Ilmu.
Suwarna, dkk. 2005. Pengajaran Mikro.Yogyakarta:Tiara Wacana
Yamin, Martinis. 2009. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
Yusuf, M., Tarjiah, Satibi. 2018. Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tunas Bangsa, Vol. 5, No.2, Agustus 2018, hal. 124-132
Copyright (c) 2023 LAMPUHYANG

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.