Implikasi Proses Kreatif Transkrip Lontar terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura

  • I Wayan Jatiyasa STKIP Agama Hindu Amlapura
Keywords: implikasi, proses kreatif, transkrip lontar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis proses kreatif transkrip lontar dan implikasinya terhadap pengetahuan, sikap dan keterampilan mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura. Jenis data menggunakan data kualitatif, sedangkan sumber data menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipasi dan kuesioner. Pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) proses kreatif transkrip lontar dilakukan melalui 4 tahap, yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi; dan (2) implikasi proses kreatif transkrip lontar terhadap pengetahuan mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura, yaitu memahami proses pembuatan pepesan (kertas lontar), mengetahui bahan dan proses pembuatan transkrip lontar, memahami teknik-teknik mentranskripsi lontar yang baik dan benar, dan mengetahui tujuan, kegunaan, dan manfaat transkrip lontar; implikasi proses kreatif transkrip lontar terhadap sikap mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura, yaitu memberikan keyakinan (kepercayaan diri) bahwa menulis lontar tidak sesulit yang dibayangkan asalkan dikerjakan dengan tekun, memotivasi untuk terus mengembangkan diri melalui latihan secara intensif, memotivasi untuk berkarya melalui transkripsi lontar sekreatif mungkin, dan meningkatkan kesabaran, ketekunan, dan konsentrasi (fokus); dan implikasi proses kreatif transkrip lontar terhadap keterampilan mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura, yaitu terampil memegang pangrupak, meningkatkan keterampilan membaca aksara Bali, mampu menulis aksara Bali dengan waktu yang terbatas, dan berpartisipasi melestarikan kearifan lokal (local genius) masyarakat Bali yang semakin terdegradasi.

References

Afrizal. 1999. “Proses Penciptaan Puti Bungsu (Wanita Terakhir) Karya Wisran. Hadi.” Universitas Andalas.
Jatiyasa, I. Wayan. 2021. Transkripsi Lontar. Amlapura: Program Studi Pendidikan Bahasa Bali, STKIP Agama Hindu Amalpura.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022a. “Implikasi.” Retrieved (https://kbbi.web.id/implikasi).
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022b. “Kreatif.” Retrieved (https://kbbi.web.id/kreatif).
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022c. “Proses.” Retrieved (https://kbbi.web.id/proses).
Miles, M. B., and M. Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universita Indonesia.
Naim, Ngainun. 2019. Proses Kreatif Penulisan Akademik: Panduan Untuk Mahasiswa. Cetakan Ke. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Putra, Ida Bagus Rai. 2015. Lontar Bali Manuskrip Penampang Peradaban Berkarakter. Denpasar.
Wiguna, Rian. 2022. “Pengertian Implikasi.” Retrieved (https://www.berpendidikan.com/2022/10/pengertian-implikasi.html).
Published
2023-01-01
How to Cite
Jatiyasa, I. W. (2023). Implikasi Proses Kreatif Transkrip Lontar terhadap Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Mahasiswa STKIP Agama Hindu Amlapura. Lampuhyang, 14(1), 128-143. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i1.335
Section
Articles