Peran Tri Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SD No 8 Ungasan Kuta Selatan Badung

  • I Wayan Lali Yogantara Universitas Hindu Negerti I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Devi Gayatri Universitas Hindu Negerti I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Keywords: Peran, Tri Guru, Karakter Siswa

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran, hambatan dan upaya yang dilakaukan Tri Guru dalam proses pembentukan karakter siswa di SD No 8 Ungasan Kuta Selatan Badung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) peran Tri Guru dalam pembentukan karakter siswa di SD No 8 Ungasan yaitu sebagai pembina, pendamping, pengajar dan pendukung. (2) Hambatan yang didapati Tri Guru dalam pembetukan karakter siswa di SD No 8 Ungasan yaitu: pengaruh lingkungan sekitar siswa di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, serta kurangnya perhatian orang tua siswa (3) Upaya yang dilakukan Tri Guru dalam mengatasi hambatan yaitu: melakukan pendekatan edukatif yang intensif terhadap siswa di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, serta membangun komunikasi dan kerja sama dengan orang tua siswa.

References

Amri, Sofan. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Arifin, M. (2000). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UPI.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Edisi Revisi 5. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asmani. (2011). Tuntunan Lengkap Metodologi Praktis Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : Diva Press.

Dahar, Ratna Wilis. (1989). Teori Belajar. Jakarta: Erlangga Press.

Djaali, H. (2003). Metodologi Penelitian Sosial Bunga Rampai. Jakarta: PTIK Press.

Daryanto, S.S. (1997). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo

Dwi Pradita, I Gusti Ayu. (2019). Pendidikan Karakter Hindu Berbasis Kearifan Lokal Untuk Peserta Didik di SMP Dwijendra Denpasar. Tesis (Tidak Diterbitkan). Program Pascasarjana IHDN Denpasar.

Hakim. (2019). “Pengaruh Bimbingan Belajar Intensif Terhadap Pencapian Akademis Peserta Didik”. Ejournal Pendidikan Islam. Vol 1.
Published
2023-07-01
How to Cite
Yogantara, I. W., & Gayatri, D. (2023). Peran Tri Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SD No 8 Ungasan Kuta Selatan Badung. Lampuhyang, 14(2), 36-53. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.343
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)