Pengembangan Perangkat Pembelajaran Koopratif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan buku siswa kelas IV SD dengan model pembelajaran Group Investigation yang valid, praktis dan efektif meningkatkan literasi sains siswa. Semua data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) validitas perangkat dikategorikan valid dengan nilai validitas buku siswa 3,17 dan RPP 3,52, (2) kepraktisan perangkat dikategorikan sangat praktis, dengan nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 3,43, rata-rata respon guru 3,71 dan respon siswa 3,54 , (3) perangkat pembelajaran berada pada kategori efektif, dengan rata-rata nilai tes literasi sains 79,54 dan ketuntasan 88,24%.
References
Bagiarta, Karyasa, & Suardana.2015. Komparasi literasi sains antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dan model pembelajaran inkuiri terbimbng (Guided Inquiry) ditinjau dari motivasi berprestasi siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. 5(1). 1-11. Tersedia pada http://www.Undiksha.ac.id. Diakses pada 23 Oktober 2015.
Budiastra, Sudana. & Arcana.2015. Pengaruh model kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap keterampilan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1). 1-10. Tersedia pada http://www.Undiksha.ac.id. Diakses pada 23 Oktober 2015.
Depdiknas. 2006. Panduan pengembangan silabus. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, P. 2015.Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kubu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Undiksha.
Educational Research International. Tersedia pada http://www.ijsae.in.org. Diakses pada 25 Pebruari 2015.
Jongsermtrakoon & Nasongkhla.2015. A group investigation learning system for open educational resources to enhance student teachers digital literacy and wareness in Information Ethics. 5(10). 783-788. Educational Research International. Tersedia pada http://www.ijsae.in.org. Diakses pada 10 Oktober 2015.
Copyright (c) 2023 Lampuhyang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.