Pengembangan Perangkat Pembelajaran Koopratif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD

  • Ni Ketut Erna Muliastrini STKIP Agama Hindu Amlapura
  • Ni Nyoman Lisna Handayani STAH N Mpu Kuturan Singaraja
Keywords: Group Investigation, Literasi Sains, Perangkat Pembelajaran F

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan buku siswa kelas IV SD dengan model pembelajaran Group Investigation yang valid, praktis dan efektif meningkatkan literasi sains siswa. Semua data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) validitas perangkat dikategorikan valid dengan nilai validitas buku siswa 3,17 dan RPP 3,52, (2) kepraktisan perangkat dikategorikan sangat praktis, dengan nilai keterlaksanaan perangkat pembelajaran sebesar 3,43, rata-rata respon guru 3,71 dan respon siswa 3,54 , (3) perangkat pembelajaran berada pada kategori efektif, dengan rata-rata nilai tes literasi sains 79,54 dan ketuntasan 88,24%.

References

Astra, Wahyuni, C. & Nasbey, H. 2015. Improvement of learning process and learning outcomes in physics learning by using collaborative learning model of group investigation at High School (grade X, SMAN 14 Jakarta). International Journal of Education and Practice. 6 (11). 75-79. Tersedia pada http://www.iiste.org. Diakses 28 Agustus 2015.

Bagiarta, Karyasa, & Suardana.2015. Komparasi literasi sains antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) dan model pembelajaran inkuiri terbimbng (Guided Inquiry) ditinjau dari motivasi berprestasi siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA. 5(1). 1-11. Tersedia pada http://www.Undiksha.ac.id. Diakses pada 23 Oktober 2015.

Budiastra, Sudana. & Arcana.2015. Pengaruh model kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap keterampilan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1). 1-10. Tersedia pada http://www.Undiksha.ac.id. Diakses pada 23 Oktober 2015.

Depdiknas. 2006. Panduan pengembangan silabus. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, P. 2015.Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kubu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan IPA FMIPA Undiksha.

Educational Research International. Tersedia pada http://www.ijsae.in.org. Diakses pada 25 Pebruari 2015.

Jongsermtrakoon & Nasongkhla.2015. A group investigation learning system for open educational resources to enhance student teachers digital literacy and wareness in Information Ethics. 5(10). 783-788. Educational Research International. Tersedia pada http://www.ijsae.in.org. Diakses pada 10 Oktober 2015.
Published
2023-07-01
How to Cite
Muliastrini, N. K., & Handayani, N. N. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Koopratif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD. Lampuhyang, 14(2), 11-24. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.345
Section
Articles